Berita

Halaman Berita

Ijazah Lulusan PPS Wajar Dikdas Sama dengan Sekolah Umum

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan - 14 Mei 2019

* Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Program Wajar dikdas Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) tingkat Wustha PPS Al Azizah. Senin (13/05/2019) di SMK NU BP Az Zahra.

Grobogan - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Program Wajar dikdas Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) tingkat Wustha jajaran Kantor Kementerian Agama (Kankemanag) Kabupaten Grobogan berjalan lancar dan sukses. Senin (13/05) Dimana kegiatan ujian ini dilaksanaakan pertama kali dengan berbasis komputer.

Kepala Kankemenag Kab.Grobogan Hidayat Maskur terjun langsung melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di tiga tempat terpisah salah satunya PPS Al Azizah berjumlah 22 santri, ujian dilaksanakan di SMK NU BP Az Zahra.

Saat ditemui diruang kerjanya Kasi PD Pontren Rois Kamdani mengatakan Ujian ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei 2019 sampai dengan 13 Mei 2019, dengan jumlah lembaga pelaksana UNBK 11 Pondok pesantren dan jumlah keseluruhan santri yang ikut UNBK 309 orang se Kab.Grobogan.

Kasi PD Pontren juga berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik aman dan lancar semoga seluruh santri kita berhasil dalam menyelesaikan tugasnya menjawab seluruh soal ujiannya tanpa ada kendala.

"Harapan saya untuk tahun berikutnya UNBK tingkat Wustha tidak menumpang lagi pada Madrasah atau sekolah umum, sehingga PPS mampu melaksanakan dengan mandiri pada Pondok atau lembaga masing-masing," ungkap Kamdani.

Sementara itu, Kakankemenag Grobogan Hidayat Maskur menjelaskan Pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan islam yang di selenggarakan oleh masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan pesantren secara terpadu dengan pendidikan lainnya.

“UNBK kali ini memang bertepatan umat islam saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan, tetapi justru itu bisa dijadikan sepirit untuk menguatkan konsentrasi para santri untuk bisa mengerjakan berbagai soal yang ada pada UNBK 2019, semoga semua kegiatan ini di beri kemudahan kelancaran, dan juga tentunya para santri dapat mendapatkan prestasi yang diinginkan,”ungkap Hidayat Maskur.

Lebih lanjut ia menjelaskan adapun kekuatan hukum Ijazah PPS Wajar Dikdas SK Dirjen Pendis N0. 3543 tahun 2018 pemegang ijazah Ponpes Salafiyah tingkat Ula mempunyai hak yang sama dengan pemegang ijazah SD/MI, untuk tingkat Wustha sama dengan pemegang ijazah SMP/MTs, sedangkan untuk tingkat Ulya sama dengan pemegang ijazah SMA/MA/SMK/MAK dan bentuk lain yang sederajat, dan dapat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk mendapakan pekerjaan.(bd/gt)


Dibaca sebanyak 94 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upacara HUT RI ke-74, Kakankemenag Pati Paparkan Kriteria SDM Unggul Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Agustus 2019


Fajar Energi Baru Kemenag Jateng Subbag Inmas 08 - 16 Agustus 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial