Berita

Halaman Berita

Ikut Program Pintar, Madrasah Semakin Baik

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 13 Mei 2019

* Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kendal, Bapak Muslihan didampingi Koordinator PINTAR Tanoto Foundation Provinsi Jawa tengah menyerahkan bantuan buku kepada MI NU 02 Brangsong

Kendal - Madrasah yang menjadi pilot project penerapan program PINTAR (Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran) Tanoto Foundation mengalami banyak kemajuan baik dalam bidang manajemen madrasah, unsur guru, keaktifan siswa dan peran serta masyarakat. Hal itu di ungkapkan Kepala MIN 3 Kendal, Nadzib, salah satu madrasah yang mendapat pelatihan.

"Perubahan pasca penerapan program PINTAR selama satu tahun sangat terasa, manajemen madrasah membaik, guru semakin kreatif, siswa lebih aktif dan peran serta orangtua murid makin terasa," ujarnya, saat diskusi tentang pendidikan, Jumat (10/5) bertempat di Ruang Merak Tirto Arum Baru, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kendal yang di wakili Mukhamad Muslikhan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Agus Rifa'i beserta rombongan, Diskominfo Kendal, Heri Wasito, Koordinator Tanoto Foundation Wilayah Jawa Tengah, Nurkholis beserta jajarannya, serta diikuti oleh fasilitator daerah, fasilitator sekolah, serta fasilitator madrasah mitra Tanoto Foundation di Kabupaten Kendal. 

Pembelajaran metode PINTAR, guru didorong kreatif dalam memberikan pelajaran dengan cara diminta mengajak para siswanya melakukan dan mempraktekan apa yang dipelajari, sehingga siswa dapat mengalami secara langsung pelajaran yang diajarkan.

Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Jawa Tengah, Nur Kholis mengatakan, Tanoto bekerja sama dengan Pemkab Kendal dan Kementerian Agama RI sejak Juli 2018 untuk jangka waktu selama tiga tahun. Di Kabupaten Kendal ada 24 sekolah yang dipilih, yaitu 16 SD/MI dan 8 SMP/MTs. Untuk mendampingi sekolah yang ditunjuk tersebut, pihak Tanoto melibatkan 32 fasilitator yang akan memantau perkembangannya.

Sementara itu, Muslikhan yang mewakili Kepala Kemenag Kab. Kendal mengatakan, bahwa Program Pintar yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation ini sangat baik, karena akan menjadikan madrasah semakin maju. Oleh karena itu diharapkan agar madrasah lain pun ikut mencontoh juga. “Kami madrasah yang menjadi pilot project melakukan desiminasi pelatihan kepada madrasah lain,” katanya

Pada kesempatan itu juga diberikan 60 judul buku bacaan guna merangsang minat baca para siswa. (ja/rf)


Dibaca sebanyak 165 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial