Berita

Halaman Berita

Imron : Perayaan Imlek di Pati, Wujud Kerukunan Patut Jadi Teladan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Februari 2019

* Perayaan Imlek di Pati, Wujud Kerukunan Patut Jadi Teladan

Pati - Ribuan pasang mata menyambut dan menyaksikan Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 di Komplek Klenteng Hok Tik Bio, Selasa (5/2/2019). Puncak acara Peringatan Hari Raya Imlek dengan sajian Kirab Budaya keliling Jalan Protokol Kota Pati. Sejak pagi warga tua, muda dan anak anak telah mendatangi Komplek Klenteng Hok Tik Bio untuk menyaksikan atraksi barongsay dan naga sebagai awal pembuka sebelum Kirab Budaya dilakukan.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Kankemenag Kab. Pati, Imron Rosyidi dan ribuan masyarakat lintas agama itu tampak meriah. Mereka membaur bersama untuk ikut dalam pembagian kue keranjang sebanyak dua ton atau 2.000 biji. Acara yang dikemas dengan perpaduan seni budaya daerah dan pentas barongsai, sangat memberikan hiburan menarik masyarakat Pati. Perayaan Imlek yang digelar satu tahun sekali sangat bermakna dalam mencintai budaya leluhur dan menjalin persatuan dan kesatuan antar umat.

Kepala Kankemenag Kab. Pati dalam wawancara mengungkapkan sangat bangga dengan masyarakat yang membaur dalam Perayaan Imlek penuh kebersamaan dalam kerukunan umat. Kirab Budaya sebagai bentuk pelestarian budaya nenek moyang sekaligus memberi hiburan gratis bagi semua masyarakat yang ada di Pati dan sekitarnya, ujarnya.

Imron juga mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan yang dilandasi oleh perbuatan baik dan mulia yang tidak membedakan antara satu dengan yang lain.

“Dan kegiatan semacam ini perlu dicontoh oleh rekan – rekan yang lain di Kabupaten Pati. Karena saling berbagi pada mereka yang membutuhkan merupakan suatu kebahagiaan tersendiri”, tuturnya.

Selain itu, momen sekali dalam setahun ini diakui Imron, amat ditunggu oleh orang – orang yang membutuhkan. Sebab, tidak setiap saat mereka bisa mendapatkan bingkisan kue kranjang tersebut.

“Harapannya agar bentuk kebersamaan seperti ini kita tingkatkan, agar Kabupaten Pati selalu dalam keadaan kondusif. Serta saya mengajak ASN Kemenag Kab. Pati untuk bersama – sama berperan aktif dalam pembangunan. Baik pembangunan budaya, keagamaan, kemasyarakatan serta yang lain," harapnya.

Ribuan warga yang hadir dari berbagai wilayah sangat terhibur dengan hadirnya Kirab Budaya dengan sajian atraksi Barongsai, Naga, Reog Ponorogo, Marching band dan atraksi kesenian daerah lain. Pelepasan Kirab Budaya oleh Ketua Klenteng, Eddy Siswanto serta ribuan warga Pati yang memadati sepanjang pinggir jalan protokol. (Am/wul)


Dibaca sebanyak 200 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Evaluasi UAMBN Memperbaiki Mutu Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga - 19 Juni 2019

Kemenag Pati Beri Reward Bagi Peserta Didik dan Guru Berprestasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 19 Juni 2019

Bupati Resmikan PTSP Kantor Kemenag Kab. Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 19 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial