Berita

Halaman Berita

Integrasi SIMKAH Web Dengan SIAK Untuk Tingkatkan Layanan KUA

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap - 30 Juli 2020

* Kepala Kan Kemenag Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni membuka secara langsung kegiatan Bimtek Peningkatan Mutu Layanan bagi Operator SIMKAH Opeart

Cilacap - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Bimtek Peningkatan Mutu Layanan  bagi para operator SIMKAH Web sebagai tindak lanjut MoU mengenai Integrasi Data Kependudukan dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Cilacap. Sebagai tindak lanjut awal MoU Integrasi Data, yaitu adanya Perjanjian Kerjasama yang akan memuat Integrasi Data Perkawinan dan Data Pelayanan Adminduk.

Kegiatan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Rabu (29/7)  dihadiri oleh operator SIMKAH dari 25 KUA Kecamatan, Para Kepala KUA, Kepala seksi Bimas Islam Kemenag Kab. Cilacap dan  Kepala Kantor Kemenag Cilacap yang sekaligus membuka acara kegiatan tersebut.

Dalam laporannya Kasi Bimas Islam Kan Kemenag Kab. Cilacap, Aziz Muslim selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilatarbelakangi bahwa perubahan adalah sebuah keniscayaan pada masa milenial ini. Kemajuan ilmu teknologi yang begitu cepat dan luar biasa akhir-akhir ini menunjukan bahwa kita dituntut untuk terus berinovasi, salah satunya adalah Aplikasi Simkah WEB. Espektasi masyarakat terhadap pelayanan publik yang begitu tinggi.

“Hari ini dunia bergerak begitu dinamis sehingga menjadi keharusan kita untuk terus berinovasi dalam melayani dan mau tidak mau kita harus siap dengan kondisi seperti ini,” Ujar Aziz.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni dalam sambutannya mengatakan bahwa SIMKAH Web diluncurkan untuk menjawab tantangan zaman dalam mewujudkan tata kelola administrasi yang baik, prosedur yang mudah, alur yang sederhana dan mudah diakses oleh masyarakat.

“Administrasi pencatatan nikah merupakan pelayanan yang langsung diterima dan dirasakan oleh masyarakat, untuk itu Kemenag akan terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Salah satunya melalui Aplikasi SIMKAH berbasis Web ini,” ujar Imam.

Ditambahkannya, aplikasi SIMKAH Berbasis Web dibuat untuk meningkatkan kinerja layanan KUA dengan mengedepankan aspek kemudahan dan transparansi layanan.Dan dengan adanya MoU dengan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap maka kedepan pasangan pengantin yang baru menikah bisa langsung berubah data kependudukan yang dimilikinya.

“Aplikasi SIMKAH berbasis web setelah ada MoU dengan Pem Kab Cilacap maka nanti bisa terintegrasi  dengan aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK) yang dimiliki Disdukcapil sehingga update data kependudukan akan lebih cepat dan mudah,” jelasnya. (meip/qq)

 


Dibaca sebanyak 38 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi Subbag Inmas 04 - 24 September 2020

Bupati Purbalingga Serahkan Hak Pakai Gedung eks Pengadilan Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 24 September 2020

Maksimalkan Keikutsertaan KSM Online Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial