Berita

Halaman Berita

Jamaah calon haji Demak ikuti manasik massal II

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 11 Juli 2019

* Calon Jamaah Haji diajarkan praktek wukuf, mabid di Muzdalifah, lempar jumroh, towaf dan sa’i di Gor Pancasila Kab. Demak. 10-07-2019

Demak - sebanyak 1260 jamaah calon haji kabupaten Demak mengikuti bimbingan manasik massal tahap kedua tingkat kabupaten, manasik ini  rangkaian kegiatan manasik yang beberapa hari  lalu dilaksanakan di tingkat kecamatan, dan kegiatan ini merupakan sebagai kegiatan manasik terakhir bagi jamaah calon haji kabupaten Demak, yang digelar di stadion Pancasila Demak.10-7-2019.

Manasik massal ke dua tersebut dibuka  oleh wakil bupati Demak Drs.H. Joko Sutanto , beliau mengatakan kegiatan manasik massal adalah salah satu implementasi tentang penyelenggaraan ibadah haji untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan sekaligus melindungi ibadah haji.

“Untuk ketertiban dan kelancaran dalam beribadah, saya meminta seluruh calon jamaah haji Kabupaten Demak untuk dapat mematuhi semua peraturan yang telah ditentukan, jauhi hal-hal yang tidak baik , apalagi hal yang membatalkan haji , patuhi arahan petugas, jangan fokus sendiri apalagi sampai tertinggal rombongan,” kata Joko Sutanto.

Joko Sutanto menambahkan, bahwa pentingnya menjaga kesehatan bagi calon jamaah haji, karena ibadah haji memerlukan fisik yang sehat dan kuat, agar semua rangkaian ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik dan sempurna, seperti towaf, sa’i, wukuf, lempar jumroh dan ibadah – ibadah lainnya. “ maka jaga kesehatan dan berolahraga agar pada saatnya nanti semua calon haji kabupaten Demak bisa berangkat semuanya dan bisa pulang semuanya. Jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala Kemenag Demak H. Muhaimin.S.PdI.MH  dalam laporannya menyampaikan  kegiatan manasik haji merupakan sebuah pelayanan yang sudah di atur oleh pemerintah, dan di harapkan dengan latihan ini, nanti saat menunaikan ibadah haji bisa melaksnakan dengan baik dan benar , sehingga semoga menjadi haji yang mabrur.

 “Pada hari ini para calon jamaah haji Kab. Demak melaksanakan pelatihan manasik haji tingkat kabupaten, yang di fokuskan pada praktek lapangan, sebagai lanjutan dari manasik ditingkat kecamatan.” jelas Muhaimin.

Ia menjelaskan manasik haji massal  ini meruapakan bimbingan tahap akhir, yang penekanannya pada praktek lapangan, sehingga calon jamaah haji merasakan betul bagaimana ibadah haji yang sesungguhnya. “ karena calon haji diajarkan praktek bagaimana wukuf, bagaimana mabid di Muzdalifah, bagaimana  lempar jumroh, bagamana towaf dan sa’i, praktek ini sebagai modal terakhir bagi calaon haji, sehingga calon haji faham betul.” Imbuhnya. (ms/qq)


Dibaca sebanyak 98 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial