Berita

Halaman Berita

Jelang Manasik Haji Tingkat Kecamatan, Kankemenag Wonogiri Adakan Koordinasi Dengan Kepala KUA

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 11 Juni 2019

* Kasi penyelenggara haji dan Umroh Kankemenag Wonogiri, H. Wahid Arbani, ketika memimpin rapat persiapan manasik di tingkat Kecamatan.

Wonogiri - Dalam rangka persiapan penyelenggaraan manasik haji  tingkat Kecamatan, bertempat di aula Kankemenag Wonogiri, Senin (10/06), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar rapat bersama para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), terkait rencana pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat KUA Kecamatan untuk para Jemaah Calon Haji (JCH) tahun keberangkatan 1440 H/2019 M.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Wonogiri, H. Wahid Arbani, ketika memimpin rapat menyampaikan bahwa sampai saat ini penyelenggaraan ibadah haji merupakan salah satu program prioritas pembangunan bidang agama dan sering kali diposisikan sebagai salah satu indikator kunci kinerja Kementerian Agama. Salah satunya dengan menyelenggarakan manasik haji, hingga pada tingkat KUA Kecamatan sbanyak 5 pertemuan dan Kabupaten sebanyak 2 kali pertemuan yang di titik beratkan pada praktek.

“Oleh karena itu, kami mengimbau agar pelaksanaan manasik haji pada tingkat KUA Kecamatan dapat dilaksanakan sesuai dengan juknis yang ada dan laporan pertanggungjawabannya pun dapat dibuat dengan baik,” jelas Wahid Arbani.

Terkait teknis pelaksanaan,  Wahid Arbani menjelaskan, petunjuk pelaksanaan manasik haji tersebut telah dituangkan dalam Keputusan Dirjen PHU Nomor 146 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Terpadu oleh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan KUA.

“Kegiatan bimbingan manasik haji tersebut akan dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan, yaitu 5 kali di KUA Kecamatan dan 2 kali di Kemenag Kabupaten, dengan alokasi waktu setiap kali pertemuan adalah 4 jam pelajaran dan setiap jam pelajaran selama 60 menit,” kata  Wahid.

Ditambahkannya, untuk materi bimbingan manasik haji di tingkat kota dan KUA Kecamatan, dilakukan berbasis regu dan materinya terpadu meliputi kebijakan-kebijakan, manasik ibadah dan perjalanan haji, serta hak dan kewajiban jemaah haji.

“Materi utama bersumber dari buku paket manasik haji yang diterbitkan oleh Kemenag RI, dengan pengembangan materi disesuaikan dengan Keputusan Dirjen PHU Nomor 146 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Terpadu oleh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan KUA, dengan metode teori 30?n praktek/simulasi 70%,” lanjutnya. (Mursyid-Heri/Sua).


Dibaca sebanyak 45 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MAN 2 Pati Lahirkan Dalang Remaja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 25 Juni 2019

Kemenag Pati Sudah Laksanakan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 25 Juni 2019

Penyuluh Tidak Cukup Hanya Dakwah Dengan Lesan, Tapi Juga Dengan Karya Tulis Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 25 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial