Berita

Halaman Berita

Jemaah Haji Purbalingga 2 Meninggal, 3 Tanazul, 1 Masih Dirawat

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 11 September 2019

* Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Karsono bersama para pegawai saat melakukan penjemputan jemaah haji di Asrama Haji Donohudan, Ahad (8/9).

Purbalingga – Seluruh jemaah haji asal kabupaten Purbalingga telah kembali ke kampung halaman mereka. Penjemputan jemaah haji yang turun melalui Bandara Adi Sumarmo tersebut secara resmi dilakukan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan / Embarkasi Solo, Ahad (8/9). Hal tersebut dijelaskan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Ratmono di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Rabu (11/9).

Ratmono menjelaskan, penjemputan jemaah haji oleh Pemerintah Kabupaten dipimpin Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi).

“Bupati Tiwi didampingi suami beserta Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan sejumlah pejabat struktural Pemkab Purbalingga menyambut para jemaah untuk kemudian mengantarkan mereka kembali ke Purbalingga,” jelasnya.

Dalam acara serah terima jemaah haji dari pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Adi Sumarmo Solo kepada Bupati, Tiwi menyampaikan ucapan selamat datang kepada para jemaah haji yang baru saja tiba ke tanah air.

Atas nama pemerintah, Tiwi juga menyampaikan apresiasi kepada PPIH Adi Sumarmo Solo yang telah memberikan banyak bantuan dan perhatian melalui pelayanan optimal yang diberikan kepada jemaah haji Purbalingga. Karena mulai dari keberangkatan hingga kepulangan semua berjalan dengan baik dan lancar.

Ratmono menambahkan, dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Adi Sumarmo Solo, Muhammad Afief Mundzir juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada para jemaah haji.  Selain itu ia juga menyampaikan apresiasinya kepada  Bupati dan jajaran Pemkab Purbalingga termasuk jajaran Kantor Kementerian Agama Purbalingga atas kerjasama yang telah dibangun dengan baik tersebut. Namun pihaknya juga meminta maaf karena menyadari masih ada kekurangan yang dirasakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Purbalingga, Karsono dalam keterangannya menjelaskan, jumlah Jemaah Haji Purbalingga Tahun 2019 M/1440 H sebelumnya direncanakan berjumlah 582 orang yang terbagi dalam 4 kloter yaitu kloter 70,71,72 dan kloter 96.

“Persis sebelum keberangkatan 1 orang menyatakan batal karena alasan kesehatan. Pada perjalanannya di Tanah Suci, jemaah atas nama Yusri Sanrosid Muhraji warga Pasunggingan RT 25/10 Kecamatan Pengadegan dari Kloter 71 meninggal dunia,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi terbaru ada 1 orang jemaah haji Purbalingga yang meninggal dunia atas nama Mistar Sureji Mulya Semita asal Kaligondang RT 01/RW 02. Sehingga jumlah jemaah haji Purbalingga yang meninggal menjadi 2 orang.

Sedangkan 1 jemaah lainnya atas nama Kirsanto bin Sanrusdi Tirtadinawa warga Desa Selakambang RT 03/RW 08 Kecamatan Kaligondang sampai saat ini masih dalam proses perawatan intensif di Rumah Sakit Arab Saudi.

Selain itu tercatat ada 3 jemaah haji asal Purbalingga yang tanazul atau dipulangkan lebih awal karena alasan sakit. Yaitu Sudiarto Sanrusdi Sanraji, warga Desa Slinga RT 02/06 Kecamatan Kaligondang dari Kloter 72 dipulangkan bersama Kloter 30, Heru Suhadi Wiramedja warga Desa Karangmalang RT 03/02 Kecamatan Bobotsari dari Kloter 71 dipulangkan bersama Kloter 31 dan Latiyah Amad Karta warga Desa Tidu RT 01/02 Kecamatan Bukateja dari Kloter 72 dipulangkan bersama Kloter 34.

“Sehingga jumlah Jemaah Haji asal Purbalingga yang pulang selamat ada 576 orang setelah dikurangi yang batal, meninggal dan tanazul,” pungkasnya. (sar/bd)


Dibaca sebanyak 56 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial