Berita

Halaman Berita

Jurnalis Santun Peduli Lingkungan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 06 Februari 2019

* Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi angkatan kelima, MTsN Surakarta I yang lansung melakukan praktek di beberapa tempat. (3/2)

Surakarta - Untuk menumbuhkan sense of jurnalis  yang andal pada awak media majalah Mutiara MTsN Surakarta 1, pihak sekolah mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi angkatan kelima, di Gedung 1 MTsN Surakarta I,  Sabtu-Minggu (2-3/2) kemarin.

Kepala Madrasah, Kirno Suwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan dengan tema “Jurnalis Santun Peduli Lingkungan” itu, digelar dengan harapan kedepannya akan muncul para jurnalis dan fotografer dengan pribadi yang santun dan peduli terhadap lingkungan.

“Kami sangat berharap melalui pelatihan ini dapat menumbuhkan sense of jurnalis  dalam diri kalian. Kalian harus berani mewawancarai narasumber. Harus kritis dalam menuangkan opini pada tulisan dan dapat menyajikan foto yang sesuai dengan berita yang kalian tulis,“ ujarnya.

“(Kalau bisa) karya jurnalis dan fotografer tidak hanya tampil di majalah Mutiara saja, tetapi juga di majalah dinding sekolah. Kami akan sediakan space khusus untuk anak-anak majalah Mutiara,“ janjinya.

Untuk mensukseskan kegiatan itu, madrasah menggandeng pakar yang kompeten di bidangnya seperti managing editor  Solopos, Rini Yustiningsih, dosen fotografi ISI Surakarta, Henry Nur Cholis,  penulis yang sedang naik daun, Asri Istiqomah, dan Komunitas Cita Rasa Kebaikan Pelajar (Cakep) Surakarta.

Guna mempermudah pelaksanaan, materi pelatihan dibagi menjadi dua sesi, jurnalis dan fotografer.

Materi Jurnalistik disampaikan narasumber dari Solopos, penulis, dan komunitas Cakep.Sedang fotografinya diampu dosen fotografi dari ISI. Sebelum hunting  mencari berita dan foto di lapangan, Koordinator acara, Rohas, membagi beberapa kelompok tugas. Masing-masing kelompok terdiri dari enam jurnalis dan dua fotografer.

“Semoga dengan pelatihan ini kalian dapat membuat Majalah Mutiara lebih baik lagi,“ harap Mansyur Sidik, Pemimpin Redaksi Majalah Mutiara. (diana-kristanti/bd)


Dibaca sebanyak 318 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Evaluasi UAMBN Memperbaiki Mutu Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga - 19 Juni 2019

Kemenag Pati Beri Reward Bagi Peserta Didik dan Guru Berprestasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 19 Juni 2019

Bupati Resmikan PTSP Kantor Kemenag Kab. Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 19 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial