Berita

Halaman Berita

Ka Kankemenag : Berikan Layanan Yang Maksimal Kepada Murid

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali - 16 Mei 2019

* Ka Kankemenag memberikan sambutan di depan guru RA dan MI

Boyolali (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Fahrudin menyampaikan bahwa sebagai seorang pendidik, guru sudah seharusnya memberikan layanan secara maksimal kepada muridnya. Layanan tersebut dapat berupa pendidikan, konseling ataupun segala sesuatu yang butuhkan oleh murid dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

“Berikan layanan yang maksimal kepada murid, Yassir wa laa Tuassir, Mudahkanlah dan jangan dipersulit” demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali dalam acara pembinaan guru RA dan MI se kabupaten boyolali. Acara yang diikuti oleh 184 guru RA dan MI se kabupaten boyolali tersebut berlangsung pada Rabu (15/05) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Kasi Pendidikan Madrasah, serta guru pada Raudhatul Athfal dan Madrasah Ibtidaiyah se kabupaten boyolali.

Fahrudin menjelaskan, bahwasannya pelayanan guru kepada murid tidak seperti pelayanan pegawai kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan lebih spesifik kepada layanan pendidikan, pembelajaran dan peningkatan pemahaman murid terhadap materi pelajaran yang diberikan. Serta bimbingan konseling terkait permasalahan yang menghambat murid dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.

“Pelayanan yang diberikan guru mempunyai karakteristik yang berbeda dengan pelayanan pada umumnya” katanya.

Setiap siswa di masing masing daerah mempunyai karakteristik yang berbeda bergantung kepada budaya dan kebiasaan yang berlaku. Keberagaman karakteristik siswa merupakan tantangan tersendiri bagi guru untuk memberikan pembelajaran yang efisien dalam mencapai target pembelajaran.  Seorang guru harus mampu memanfaatkan kearifan lokal untuk membangun hubungan emosional dengan muridnya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan target.

“Manfaatkan kearifan lokal yang ada untuk memberikan pelayanan terbaik bagi siswa siswi madrasah,” ujar fahrudin.

Sebagai insan Kementerian Agama, guru RA dan MI hendaknya menjadikan 5 nilai budaya kerja kementerian agama sebagai ruh dalam memberikan pelayanan berupa pembelajaran kepada murid. Integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru, profesionalitas dalam memberikan pembelajaran kepada murid, inovasi dalam mempersiapkan bahan dan cara mengajar, tanggung jawab terhadap hasil proses belajar mengajar yang dilaksanakan, serta keteladanan dalam tingkah laku sehari hari baik di sekolah maupun lingkungan.

“Jadikan 5 nilai budaya kerja sebagai ruh dalam menjalankan tugas dan fungsi kita selaku ASN pada Kementerian Agama,” ungkapnya.

 Pesan  Fahrudin, agar sinergi yang telah terbangun, baik itu antara guru dengan murid, guru dengan wali murid, duru dengan madrasah, serta guru dengan kementerian agama hendaknya selalu dijaga dengan baik. Hubungan yang telah terbangun tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi ASN dalam menjalankan tugas sebagai guru.

“Mari kita semua menjaga sinergi yang selama ini telah terjalin dengan baik,” pungkasnya (Jaim/rf)


Dibaca sebanyak 18 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


FKUB dan MUI Ajak Masyarakat Rukun dan Damai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora - 24 Mei 2019

16 ASN Kemenag Kab. Tegal Terima SK Kenaikan Pangkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 24 Mei 2019

UPZ Mulai Distribusikan Bantuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 24 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial