Berita

Halaman Berita

Kakankemenag Kota Semarang Buka Rakor Persiapan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Mei 2020

* Kakankemenag Kota Semarang, H. Muhdi, membuka Rakor terkait PPDB Kota Semarang

Semarang – Kakankemenag Kota Semarang, H. Muhdi, membuka rapat koordinasi (Rakor) persispan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran (TP) 2020/2020 di aula Kemenag setempat, Selasa (19/5/2020). Rakor dilaksanakan dua gelombang dengan memperhatikan protokol kesehatan, diikuti Kasi Dikmad, Moch Fatkhuronji, pengawas madrasah, dan kelompok kerja madrasah (KKM) 1 dan 2.

Menurut Muhdi, Rakor ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Rakor Dinas Pendidikan dan Kemenag Kota Semarang perihal kelulusan dan persiapan PPDB TP. 2020/2021 yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Semarang Jum’at (15/5/2020).

“Koordinasi ini penting, karena terkait persiapan PPDB dan aplikasinya,” tutur Muhdi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menegaskan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  di wilayahnya tidak menggunakan sistem zonasi murni, melainkan menggunakan sistem zonasi modifikasi. Di samping ditentukan oleh nilai zonasi, juga ditambah nilai prestasi dan nilai lingkungan. Rinciannya adalah, melalui zonasi 50%, afirmasi 15 %, mutasi/jalur pindah tugas orang tua 5 %, dan sisanya ditentukan oleh nilai prestasi.

Menurut Gunawan, PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 mengacu pada Permendikbud nomor: 44 Tahun 2019 dan Peraturan Walikota Semarang. Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun datang langsung ke tempat satuan pendidikan yang diinginkan.

Pendaftaran online dilakukan melalui sekolah/madrasah asal atau cukup dari rumah masing-masing dengan cara membuka situs internet PPDB Kota Semarang dan melakukan pendaftaran online. Sedangkan yang datang langsung ke satuan pendidikan akan dibantu operator untuk melakukan entry data formulir melalui komputer dan akan dicetak hasil pendaftaran sebagai bukti pengesahan pendaftaran.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Karakter, Sapta Budi Utama mengatakan, alur pendaftaran  PPDB yang tidak ada di daftar nominasi, harus konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan membawa persyaratan yang telah ditetapkan.

“Tidak perlu khawatir, nanti akan dibantu oleh operator dalam entry data pendaftaran sampai mencetak formulir pendaftaran,” tutur Sapta Budi Utama.

Ditambahkannya, persyaratan nilaii yang diperlukan untuk PPDB diambilkan dari nilai kelulusan tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Terkait  dengan persyaratan kartu keluarga (KK), maka tanggal KK dihitung paling singkat 1 tahun telah tinggal di daerah sebelum pelaksanaan PPDB.

“Boleh diganti dengan surat keterangan domisili dari kelurahan dan surat keterangan dari kepala SD/MI tempat asal anak tersebut belajar,” pungkasnya.  (Amhal Kaefahmi/bd)


Dibaca sebanyak 25 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial