Berita

Halaman Berita

Kakankemenag Kota Semarang Ikuti Rakor Lintas Sektoral Penanganan Covid-19

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 22 Mei 2020

* Kakankemenag Kota Semarang Muhdi bersama Kabag Kesra Setda Kota Semarang seusai mengikuti rapat koordinasi penanganan covid-19 dan Program Jogo Tonggo di Balaikota Semarang, Selasa (19/5).

Semarang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral bersama pemerintah Kota Semarang dengan agenda penanganan covid-19 dan Program Jogo Tonggo. Rakor yang diselenggarakan di Ruang Rapat Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang berlangsung pada Selasa (19/5).

Dipimpin oleh Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang Widoyono, selain Kakankemenag Kota Semarang Muhdi hadir pula Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kabag Kesra Setda Kota Semarang.

Ketika usai kegiatan, Kakankemenag Muhdi menyampaikan bahwa rapat di Gedung Balaikota tersebut dalam rangka melakukan pendataan warga yang terkena virus corona agar segera dapat tertangani secara cepat dan tepat.

“Ada beberapa kluster yang didata, yaitu kluster peserta Ijtima’ Ulama Akbar Gowa dan kluster Santri dari Temboro Magetan,” terang Muhdi.

Pendataan dilakukan tidak hanya terhadap jumlah warga yang terkena virus saja tetapi juga jenis penanganan yang saat ini telah dilakukan, apakah karantina atau isolasi, apakah mandiri atau difasilitasi pemerintah dan rumah sakit.

“Dengan pendataan yang valid dan koordinasi lintas sektoral, diharapkan  jika terdapat warga Kota Semarang yang memerlukan penanganan kesehatan dapat terpantau dan selalu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Disamping itu pendataan juga dilakukan terhadap para pelaku perjalanan dan pekerja migran serta perantau,” ujar Kakankemenag.

Dirinya menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah Kota Semarang dalam menangani penyebaran pandemi covid-19. Menurutnya, Walikota Semarang beserta aparat terkait dan jajarannya telah bekerja maksimal, bergerak bersama dalam mengatasi dan menanggulangi masalah covid-19, juga keterlibatan pihak swasta.

Terkait Program Jogo Tonggo (menjaga tetangga) dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang saat ini diberlakukan di Kota Semarang, Kakankemenag mendukung penuh dan berharap masyarakat dapat mematuhi dan berdisiplin sesuai aturan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Walikota Semarang.

“Khusus untuk pelaksanaaan ibadah selama bulan Ramadan, Kementerian Agama melalui Surat Edaran Menag telah mengatur panduan beribadah di tengan pandemi,” terangnya.

Beberapa hal yang diatur antara lain ditiadakannya buka puasa, tarawih keliling, tadarus, sahur on the road dan takbir keliling. Masyarakat dianjurkan melakukan sholat tarawih di rumah saja bersama keluarga inti, termasuk juga sholat Idul Fitri 1441 H.

“Tentu kita berharap agar masyarakat mematuhi anjuran untuk beribadah di rumah saja. Jangan sampai muncul kluster baru yang dapat meningkatkan jumlah pasien covid-19 dari tempat ibadah yang diikuti banyak kerumunan orang,” pinta Muhdi.

Selanjutnya Ia berharap berbagai upaya, program dan kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menahan laju penyebaran Covid-19 mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Utamanya para tokoh agama hendaknya berperan aktif dan turut menggerakkan masyarakat sekitarnya dalam mendukung program dan anjuran pemerintah. Sesuai dengan Program Jogo Tonggo, masyarakatlah yang menjadi garda terdepan harus berpartisipasi aktif mematuhi anjuran pemerintah sehingga pandemi ini segera teratasi,” pungkasnya.(ch/bd)


Dibaca sebanyak 29 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial