Berita

Halaman Berita

Kakankemenag Sampaikan Strategi Peningkatan Kualitas RA

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 10 September 2019

* Kakankemenag Kab. Rembang, Atho'illah menyampaikan upaya peningkatan kualitas RA pada Workshop Kurikulum RA, Selasa (10/9/2019) di aula Baznas Rembang..

Rembang -- Kualitas Raudlatul Athfal (RA) perlu digenjot lagi agar mendapat persepsi yang lebih baik dari masyarakat. Dengan kualitas yang baik pula, perhatian pemerintah juga akan tercurah pada peningkatan mutu RA.
Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho'illah ketika menyampaikan materi dalam acara Workshop Kurikulum RA yang diadakan Selasa (10/9/2019/ di aula Baznas Rembang.
Atho'illah mengatakan, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu RA. Kepala RA harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk memajukan lembaga pendidikan didukung oleh segenap guru dan tenaga kependidikan.

"Penguatan manajemen internal merupakan kunci utama kualitas pendidikan RA. Harus ada sinergi yang kuat antara pimpinan dan segenap guru dengam visi yang sama. Sehingga pendidikan di RA bisa berjalan semaksimal mungkin," ungkap Atho'illah.

Upaya berikutnya adalah menata manajemen dengan lembaga lain melalui koordinasi. Salah satunya adalah melalui lembaga IGRA. "Pokja IGRA ini mempunyai peran yang penting untuk peningkatan kualitas RA. Dengan adanya koordinasi melalui IGRA, permasalahan yang dialami akan bisa diselesaikan bersama-sama," ujarnya.

Atho'illah menandaskan, kualitas antar RA harus setara. Untuk mengontrol kualitas RA ini, diadakan pembinaan dan pengawasan secara periodik oleh pihak lain, yaitu Pengawas dan Kementerian Agama. "Pembinaan dan pengawasan di sini berfungsi untuk mengontrol pendidikan di RA sesuai dengan sistem pendidikan Nasional yang tengah berlaku," ujar Atho'illah.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Jasim berpendapat, upaya perwujudan RA yang berkualitas bisa dimulai dari komitmen Kepala RA untuk berubah lebih baik dari diri sendiri, diikuti dengan seluruh guru madrasah. 
"Kepala RA adalah seorang manajer yang baik, yang harus mempunyai skill perencanaan, komunikasi, motivator, organisasi, dan pengontrolan," urai Jasim.

Jasim juga menekankan peningkatan kualitas mutu siswa, serta sarpras RA. Dengan pola pendidikan yang bagus, maka mutu siswa juga akan baik. Jasim mewacanakan penegerian RA. "Jika ada RA berstatus negeri, maka sarpras akan difasilitasi oleh pemerintah. Hal ini akan sangat menunjang peningkatan mutu RA," ungkap Jasim.

Narasumber lainnya, Pengawas RA Abdul Aziz mengatakan, dalam penyusunan kurikulum, visi misi lembaga harus terukur. Visi misi yang sudah tersusun itu lantas disosialisasikan kepada masyarakat. "Visi misi inilah yang menjadi dasar penyusunan kurikulum pembelajaran di RA," tandas Aziz. -- (iq/gt)


Dibaca sebanyak 15 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial