Berita

Halaman Berita

Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

* Studi Banding Tim Pengelola Zakat Banjarnegara Studi Banding ke LAZ Al Ihsan Semarang. (05/12)

Banjarnegara - LAZ Al Ihsan Banyumanik Semarang Jateng menjadi tujuan studi banding dari rombongan LAZ dan UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara  Kamis ini (5/12). Tujuan dimaksud karena LAZ Al Ihsan sudah mendapatkan penganugerahan Kategori Pendisitribusian ZIS terbaik dari Baznas Award 2019.

Rombongan tim studi berjumlah 8 orang berasal dari Unsur LazisMu, LazisNU, LAZ Al Hikmah, UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Penyelengga Syariah dan JFU, diterima Pimpinan/ Direktur Eksekutif LAZ Al Ihsan Semarang, Doso Sutrisno dan pengurusnya.

Kegiatan bertujuan agar LAZ dan UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara dapat menimba ilmu dan berbagi pengalaman dengan LAZ Al Ihsan untuk memaksimalkan pemberdayaan zakat. Juga untuk persiapan LAZ Audit Syariah di Banjarnegara, ungkap Sumarna selaku ketua rombongan.

“Diharapkan hasil dari studi banding, bisa menjadi inspirasi dalam pengelolaan zakat lebih berdaya guna, profesional dan amanah dalam mengelola zakat sesuai standar kepatuhan syariah,” ucapnya.

Doso Sutrisno menceritakan bahwa pengelolaan zakat dan shodaqoh di lembaganya sudah melebihi 10 Milyar dalam satu tahun berasal dari berbagai sumber sebagian masih dilakukan dengan konsep jemput bola.

“Dalam penghimpunan ZIS perlu adanya edukasi ekonomi masyarakat. agar masyarakat memiliki kesadaran untuk berzakat, berinfak dan shodaqoh,” terangnya.

Perlu adanya program pemberdayaan masyarakat, kemudian melalui sistem digital dan lain-lain, sehingga timbul kepercayaan masyarakat untuk berzakat/ berinfak di lembaga amil zakat.

“Diharapan LAZ yang sudah eksis untuk dapat berkontribusi aktif dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat melalui pengelolaan yang profesional dan amanah,” pesannya.

Dengan pengelolaan LAZ Al Ihsan yang sudah amanah dan profesional beserta program-programnya, diharapkan untuk bisa diterapkan di Banjarnegara tentunya sesuai dengan situasi dan kondisi pengelolaan dana yang ada. (Nangim/rf)


Dibaca sebanyak 76 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Bentuk Karakter dan Sikap Peduli Melalui Bakti Sosial Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 21 Januari 2020

Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 21 Januari 2020

SMK Teuku Umar Gelar Festival Islami Tahun 2020 Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 21 Januari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial