Berita

Halaman Berita

Karena Tidak Dapat Bertatap Muka, Youtube Jadi Solusinya

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 20 Mei 2020

* Amin Rasyadi, usai memberikan penjelasan teknis tata cara shalat Idul Fitri di rumah secara munfarid maupun berjamaah bersama keluarga untuk video berikutnya.

Surakarta - “Amanah untuk menyampaikan bimbingan kepada umat, karena tidak bisa bertatap muka secara langsung dalam satu majelis, maka kami menggunakan media buletin dan video pendek”. 

Demikian disampaikan Amin Rasyadi, Youtuber kedua yang dimiliki oleh PAI Non PNS Kota Surakarta, saat ditanya apa yang melatari memproduksi video untuk Youtube pada Selasa (19/05) siang, via WA.

Amin mengaku, hingga saat ini sudah 13 video yang telah diproduksi. Namun, tidak semuanya diunggah di Youtube. “Ada yang hanya melalui grup WA (saja)”, imbuh alumni FISIP UNS, Ma'had Abu Bakar Ash Shiddiq dan STAIMUS Surakarta itu.

Saat ditanya mengapa memilih video yang berdurasi pendek, Pria kelahiran Kairo 3 Februari 1971 itu menjelaskan bahwa video tersebut sebagai pengganti kultum, meskipun ada beberapa video berdurasi hingga 10 menit.

Menjelang ramadhan berakhir, anak kedua dari tiga bersaudara ini mengatakan bahwa rencananya video itu tetap akan diproduksi meskipun ramadhan sudah selesai, meskipun intensitasnya berkurang.

Adapun pesan yang akan Ia sampaikan kepada jamaah/audiens terhadap tausiyah dalam video tersebut adalah mengingatkan kembali tanggung jawab manusia, disamping sebagai hamba Allah (untuk beribadah) juga sebagai sebagai  khalifatullah (pemimpin) di muka bumi ini, untuk mengolah, merawat dan menebar kebaikan.

Melalui videonya tersebut pria yang memiliki motto hidup “khoirun naas anfa’ahum linnaas”, berharap bisa memberikan secercah pencerahan bagi pemirsa.

Perlu diketahui, sehari menjelang ramadhan tiba, alumni pondok  Al Muhsin, Krapyak Yogyakarta yang aktif mengeluarkan buletin keagamaan itu membagikan  videonya di grup WA penyuluh. Ustaz yang sabar dan penuh senyum itupun meminta persetujuan rekan penyuluh lainnya.“Latihan bikin video tausiyah. Mohon kritik dan sarannya,” ujar aktivis masjid Muttaqien, Sondakan, beberapa waktu yang lalu. (Sol/my/bd)


Dibaca sebanyak 72 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial