Berita

Halaman Berita

Kegagalan Itu Tidak Ada, Adanya Hanya Umpan Balik untuk Meraih Sukses

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 02 Desember 2019

* Tim Tenis Meja MIN Kota Semarang sedang berlaga dalam Kejuaraan Tenis Meja Piala PTMSI Kota Semarang di Stadion Tri Lomba Juang, Ahad (1/12)

Semarang Kegagalan itu tidak ada, adanya hanya umpan balik untuk meraih sukses. Setiap orang bisa belajar dari kesalahan untuk mencapai sukses. Untuk itu Tim Tenis Meja MIN Kota Semarang harus tetap semangat dan rajin berlatih. Demikian dikatakan oleh Subiyono Kepala MIN Kota Semarang saat memberikan Evaluasi Kejuaraan Tenis Meja se Kota Semarang piala ketua PTMSI Kota Semarang 2019, Ahad (1/12).

Kejuaraan yang diikuti oleh Club Tenis Meja se - Kota Semarang, merupakan kali pertama bagi Rara, Dara, dan Bila untuk mengikuti pertandingan ini. Dengan harapan mendapatkan pengalaman saat bertanding, kepala madrasah bersama pelatih mengidentifikasi permasalahan  yang dihadapi oleh tiap atlit.

Rara nama lengkapnya Nuranindiya Dwi Arista Putri kelas IV menuturkan, “Saya main 2 kali, kedua-duanya kalah, karena lawannya canggih dan ganas. Kedepan saya akan berlatih dengan sungguh-sunggu untuk mengalahkannya.”

Sementara Dara Firnanda Nigita Nuarisma  kelas IV mengaku 4 kali main, semuanya belum berhasil memenangkan pertandingan karena lawannya ganas dan hebat-hebat, ” Tetapi kondisi ini tidak membuat atlit imut ini menyerah. “Kedepan saya harus menang. Lawan servicenya terlalu rendah, sehingga saya sulit mengembalikannya. Saya akan belajar bagaimana mengembalikan service yg terlalu rendah,” tegasnya.

Disisi yang lain Shabila Ayu Azzahra panggilan akrabnya Bila, salah satu pemain yang sempat memenangkan pertandingan menyatkan memang lawannya tidak seimbang, mereka semua dari club yang sudah memiliki jam terbang tinggi. “Satu hal yang perlu saya perbaiki adalah service. Semoga kedepan bisa,” akunya.

Mendengar dan mencermati hasil evaluasi dari atlit, selanjutnya Parmin selaku tim pelatih menyampaikan beberapa koreksi. Menurutnya, yang pertama adalah faktor mental. Mental anak-anak belum terlatih untuk menghadapi lawan-lawan yang tangguh. Faktor kedua, teknik masih kurang. Artinya penerimaan teknik yg diberikan pelatih pada saat latihan belum bisa diterapkan saat tanding.

Ditanya bagaimana solusinya, Parmin menegaskan, “Anak-anak perlu banyak berlatih dan bertanding/sparing partner. Jam terbang latihan juga perlu ditambah.”

Hingga akhirnya pelatih memohon kerja sama kepada orangtua siswa pelatih untuk senantiasa mendukung dan memberi semangat, baik pada saat latihan atau bertanding. Juga kepada atlit, diminta agar kedepan anak-anak lebih disiplin dan giat dalam berlatih. “Insya Allah pada kesempatan lain juara!” pungkasnya.

Mengakhiri evaluasi ini, kepala madrasah tetap mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh tim. Semoga kegagalan ini adalah sarana umpan balik untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berlatih, hingga satu saat menjadi juara. (sby/bd)


Dibaca sebanyak 18 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial