Berita

Halaman Berita

Kemenag Bersama Bupati Imbau Masyarakat Saling Tolong Tanpa Pandang Agama

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 14 Januari 2020

* Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani yang digelar oleh Badan Kerjasama Kristen Katolik Kabupaten Pati pada Jumat, (10/1/2020).

Pati – Kementerian Agama turut mengayomi, membimbing dan membina umat beragama untuk semakin meningkatkan ketaqwaan, keimanannya kepada Tuhan yang maha esa. Jika imannya baik akan berdampak pada perilaku sehari-hari dan saya mengharapkan agar terus menjaga kerukunan, toleransi antar umat beragama.

Hal itu disampaikan oleh Yosep Elia Triwinanta, saat membacakan sambutan tertulis Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati pada acara Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani yang digelar oleh Badan Kerjasama Kristen Katolik Kabupaten Pati pada Jumat, (10/1/2020).

“Semoga dengan perayaan natal dan tahun baru 2020, seluruh masyarakat Kabupaten Pati memperoleh kedamaian dan mempererat tali silaturahmi antar umat beragama,” pungkasnya.

Perayaan di Pendopo Kabupaten Pati tersebut diikuti oleh Ribuan umat Kristen dan Katolik dari berbagai wilayah di Kabupaten Pati, serta dihadiri Gara Katolik mewakili Kepala Kankemenag Kab. Pati, Bupati Pati Haryanto dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pati, tokoh agama serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Pati Haryanto mengatakan, momentum perayaan Natal bukan sekadar hura-hura dan suka cita, melainkan bentuk syukur umat Kristiani terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Perayaan Natal bersama ini juga menambah kebersamaan dan keguyuban umat Kristiani.

Menurut Haryanto, sekalipun akhir-akhir ini di Kabupaten Pati kerap terjadi bencana alam banjir, tanah longsor, dan tanggul jebol, umat beragama tetap patut bersukur. Sebab, secara umum kondisi kehidupan sosial masyarakat tergolong cukup kondusif, aman, dan terkendali.

Bupati mengungkapkan, kerukunan umat beragama merupakan buah dari sikap saling menghargai satu sama lain. Bukti bahwa umat beragama di Pati saling menghargai, lanjut Bupati, di antaranya ialah pada saat natal 25 Desember lalu sampai memasuki tahun baru, semua saling menjaga dengan baik.

"Warga Muslim ikut menjaga ketika umat kristiani beribadah di gereja. Aparat keamanan juga. Ini bukti bahwa di Kabupaten Pati kehidupan beragama aman dan damai," terangnya

Haryanto berharap, umat beragama di Kabupaten Pati, dan di Indonesia secara umum, tidak sampai terpecah-belah karena perbedaan keyakinan.

"Manakala kita bisa hidup guyub-rukun, gotong royong, kita bisa menjadi teladan bagi orang lain. Kita memang dituntut untuk menjadi panutan, sehingga apa yang kita perbuat terjaga dan kita tidak berani berbuat menyimpang," ujarnya.

Haryanto menegaskan, kodrat manusia ialah saling membutuhkan. Maka, masyarakat harus saling membantu tanpa memandang agama yang dianut.

"Coba bayangkan bagaimana kita bisa bertahan di tengah bencana seandainya kita tidak rukun. Kalau masyarakat rukun, dengan sendirinya akan bahu-membahu saling membantu," tandas Bupati. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 21 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Bentuk Karakter dan Sikap Peduli Melalui Bakti Sosial Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 21 Januari 2020

Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 21 Januari 2020

SMK Teuku Umar Gelar Festival Islami Tahun 2020 Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 21 Januari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial