Berita

Halaman Berita

Kemenag Fasilitasi Sertifikasi Halal UKM

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 16 Oktober 2020

* Pelaku usaha kecil dari Rembang mengikuti bintek Jaminan Produk Halal, di Pati pada Rabu (14/10/2020).

Rembang – 10 pelaku Usaha kecil Mikro mendapatkan bantuan sertifikasi halal dari Satgas Produk Halal Kanwil Kementeran Agama Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan LP POM Provinsi Jawa Tengah.

Gara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kabupaten Rembang, Sri Farida Ristiyana mengatakan, bantuan sertifikasi halal ini adalah sebagai wujud perhatian pemerintah akan keberlangsungan usaha kecil. Sertifikasi produk halal ini diselenggarakan berdasarkan UU nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Farida mengatakan, dengan sertifikasi halal, ada jaminan bahwa produk seseorang itu aman dikonsumsi oleh masyarakat. “Saat ini kadang kita was-was produk yang kita konsumsi aman atau tidak. Dengan berlabel halal dan sudah ada nomor POM nya, maka produk yang kita konsumsi terjamin kehalalannya dan sehat bebas dari bahan-bahan berbahaya,” kata Farida.

Sebagai tindak lanjut, pelaku UKM tersebut diundang untuk mengikuti bimbingan teknik dan pelatihan sistem Jaminan Produk Halal di Pati pada Rabu (14/10/2020). Dalam bintek ini, pelaku usaha diberikan gambaran tentang bagaimana cara untuk mendapatkan produk halal. Dimulai dari proses mendapatkan bahan baku, produksi hingga pengemasan. Materi diberikan langsung oleh LP POM Provinsi jawa Tengah.

Dengan program ini, pelaku usaha juga diminta untuk taat adminstrasi antara lain profil usaha, biodata, termasuk NPWP, dan penyelia halal, yaitu orang yang bertanggung jawab mengawasi kehalalan proses produksi.

“Usai mengikuti bintek ini, langkah selanjutnya adalah verifikasi lapangan. Jika sudah memenuhi syarat, maka diterbitkan sertifikat halal dan nomor POM,” pungkas Farida.--iq/qq


Dibaca sebanyak 22 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


PKKM Empat Tahunan di MTsN 2 Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 28 Oktober 2020


Yoga Untuk Intropeksi Kehidupan Bimas Hindu - 27 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial