Berita

Halaman Berita

Kemenag Harapkan Para Pendeta Ikut Rawat dan Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 25 Juni 2019

* Kasubbag TU, H. Haryadi, beserta jajaran Forkompinda, FKUB dan para Pendeta. Setelah pengukuhan Pendeta Ambar Sulistyono sebagai pendeta ke 6 di Wonogiri.

Wonogiri - Bertempat di Gereja Kristen Jawa Wonogiri, Jln. Sanggrahan, Dusun Sanggrahan Kelurahan Giripurwo Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, telah berlangsung kegiatan Tetapan Pandhita, Jumat (21/06). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, jajaran Forkompinda, Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri, Haryadi, Ketua FKUB Kab. Wonogiri  beserta anggota, Bapelklas Wonogiri, Pendeta Wuri Ajeng, Badan Pelaksana GKJ dan Majelis GKJ Wonogiri.

Bapelklas Wonogiri dalam sambutannya, Pendeta Wuri Ajeng mengucapkan selamat kepada Pendeta Ambar Sulistyono sebagai pendeta ke 6 di Wonogiri, dan mempunyai 9 gereja GKJ. Atas nama pelaksana GKJ Wonogiri mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja di GKJ Wonigiri, selamat menghayati panggilan jemaat, karena kurang lebih 5 tahun dalam proses baru bisa mendatangkan pendeta. Supaya ada sinergi antara jemaat dan pendeta juga mendorong pendeta untuk membawa damai kepada orang orang sekitarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa dalam sambutanya menyampaikan atas nama saya pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengucapkan, selamat datang Pendeta Ambar, mari bersama mewujudkan Wonogiri berbeda beda tetapi tetap satu juga. Harus kita jaga persatuan dan kesatuan, menjadi satu sikap dalam kegiatan keagamaan. Pesan-pesan damai dapat di sampaikan dalam kutbah pesan pesan damai dan saya tujukan kepada masyarakat dan generasi muda, menjaga kerukunan antar umat beragama berdasarkan nilai nilai kemanusiaan, untuk tetap menjadi bagian dari Pemerintahan Wonogiri dan bekerja sama sesarengan membangun Wonogiri.

Sedangkan kasubbag TU Kankemenag Wonogiri yang sekaligus sekretaris FKUB Wonogiri, H. Haryadi, kembali mengingatkan tentang pentingnya menjaga kerukunan antar umar beragama, mengingat kerukunan umat beragama harus terus kita perhatikan secara seksama, karena agama memainkan peranan yang penting dalam segala aspek kehidupan ini. Sisi lain, realitas kehidupan kita sangat beragam. Dan jika tidak melihatnya secara arif dan bijaksana, konflik sering tidak dapat kita hindari sebagai akibat dari perbedaan yang ada.

“Kerukunan umat beragama merupakan modal utama dalam menjaga integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diharapkan masyarakat bisa menerima segala bentuk perbedaan juga hidup berdampingan secara damai,” jelas Haryadi.

Menurut Haryadi Kementerian Agama dan FKUB terus  berusaha memberdayakan unsur masyarakat seperti mengembangkan wawasan multikultural bagi segenap lapisan masyarakat, mendorong partisipasi setiap kelompok dalam memberikan pemahaman pentingnya kerukunan melalui pendidikan, penyuluhan, dialog, penelitian dan pengkajian, dan yang terutama adalah, mendorong agar pemahaman keagamaan senantiasa selaras dengan pemahaman dan wawasan kebangsaan yang menyeluruh.(mursyid-heri/Sua)


Dibaca sebanyak 37 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial