Berita

Halaman Berita

Kemenag Himbau Waspada Modus Kejahatan Jelang Musim Haji

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen - 13 Februari 2020

* Amanat Kepala Kankemenag Kebumen di halaman Kantor tentang waspada modus kejahatan jelang musim Haji 2020

Kebumen - Melaksanakan Haji di Mekkah merupakan ibadah wajib bagi yang mampu, hal ini menjadi daya tarik tersendiri terutama di Indonesia yang notabene berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Pun animo masyarakat untuk mendaftarkan dirinya berangkat Haji dari tahun ke tahun selalu meningkat. Seperti halnya jelang musim pemberangkatan haji pada setiap tahunnya, biasanya pendaftaran Haji di setiap Kemenag Kab/Kota bertambah dibanding bulan-bulan selain keberangkatan.

Musim Haji menjadi berkah bagi semua orang yang ikut merasakannya, karena terutama pada bulan Haji ada hari raya kurban. Namun saat musim Haji juga ada oknum yang menggunakan modus tertentu untuk mengambil keuntungan demi kepentingan pribadi. Hal ini selalu saja dijumpai saat musim Haji tiba pada setiap tahunnya, seperti halnya kasus penipuan yang akhir-akhir ini viral di wilayah Kabupaten Kebumen.

Terungkap kabar bahwa di wilayah kecamatan Alian Kebumen, seorang Calon Jamaah Haji atas nama Sarbini (65 th) warga dukuh Jeruk Legi desa Kalirancang dengan keberangkatan haji di tahun 2023 telah ditipu oleh oknum yang mengatasnamakan teman satu pemberangkatan pada tahun yang sama. Korban berhasil diperdaya dengan kerugian uang senilai 8,5 juta rupiah. Kabar ini telah dikonfirmasikan kebenarannya oleh Humas Kemenag Kebumen melalui akun medsos warga di desa tersebut.

Menyikapi hal tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen saat apel tadi pagi (13/2), menyampaikan pesan agar ASN Kemenag ikut memberikan informasi kepada masyarakat terkait modus kejahatan menjelang musim pemberangkatan haji tahun 2020. “Tolong sampaikan kepada masyarakat agar tetap waspada menjelang musim pemberangkatan haji tahun ini,” ucapnya.

Senada dengan Kepala Kantor, Muslim yang juga staf senior PHU menyampaikan kepada seluruh Calon Jamaah Haji yang saat ini sedang melaksanakan pengambilan Foto melalui layanan Haji On the Spot, untuk lebih berhati-hati jika ada oknum yang menawarkan sesuatu diluar kebijakan atau prosedur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. “Kami telah sampaikan kepada Calon Jamaah Haji tahun ini agar segala pelaksanaan pemberangkatan Haji tahun ini mengikuti prosedur pemerintah,” paparnya. “Ini juga bagian dari meminimalisir modus-modus kejahatan jelang musim pemberangkatan,” pungkasnya.(pt/qq)


Dibaca sebanyak 35 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Banyumas Mantu dan Gelar Itsbat Nikah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 28 Februari 2020

Ihsan Muhadi Ingin Pengelola RA/BA Mengamalkan Lima Budaya Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 28 Februari 2020

Penyerahan SK Mutasi ASN di lingkungan Kemenag Kab. Brebes Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial