Berita

Halaman Berita

Kemenag Kab. Semarang Fasilitasi Nadzir Wujudkan Tata Kelola Wakaf yang Profesional dan Amanah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang - 12 September 2019

* Kakankemenag Kab. Semarang Saat Menyampaikan Materi.

Ungaran - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Muhdi, secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan bagi Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) dan Nadzir se-Kabupaten Semarang, di RM. Niki Eco Tuntang, Selasa (10/9) siang.

Dalam sambutannya, Muhdi menyampaikan bahwa, setidaknya pemerintah memiliki empat peranan utama dalam pengelolaan zakat dan wakaf. Keempat peranan tersebut meliputi peran sebagai regulator, motivator, fasilitator dan koordinator.

Selaku regulator, pemerintah bertugas menyiapkan peraturan dan petunjuk teknis pelaksanaan tata cara pengelolaan zakat dan wakaf.

Yang kedua peran sebagai motivator, yakni melaksanakan berbagai program sosialisasi dan orientasi termasuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait demi suksesnya pengelolaan zakat dan wakaf.

Selanjutnya selaku fasilitator, pemerintah berupaya memfasilitasi dan menyiapkan berbagai alat penunjang pengelolaan zakat dan wakaf, baik berupa perangkat lunak maupun keras.

“Terakhir, pemerintah juga harus menjadi koordinator bagi lembaga pengelola zakat dan wakaf yang ada, serta melakukan pemantauan dan pengawasan dalam perjalanannya,” jelas Muhdi.

Selanjutnya terkait peranan Kementerian Agama Kabupaten Semarang dalam pengelolaan wakaf di Kabupaten Semarang, Muhdi menginformasikan bahwa sejak Mei 2018, pihaknya telah menandatangani MoU dengan BPN setempat sebagai upaya percepatan pensertifikatan tanah wakaf.

“MoU sudah kami tanda tangani bulan Mei tahun lalu dan sudah ada beberapa titik yang selesai pensertifikatannya. Selanjutnya dengan sosialisasi ini, kami berharap agar tanah wakaf yang belum disertifikatkan agar segera diurus guna meminimalisir timbulnya sengketa dan pemanfaatan yang tidak semestinya,” pungkasnya.(shl/Sua)


Dibaca sebanyak 18 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial