Berita

Halaman Berita

Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 21 Januari 2020

* Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia.

Pati - Kemenag Pati yang diwakili Humas menjadi peserta dalam Focus Group Discussion (FGD) implementasi sistem informasi manajemen data statistik terintegrasi (SIMDASI) pada publikasi Kabupaten Pati dalam angka tahun 2020 sebagai langkah awal mewujudkan satu data Indonesia (Perpres No. 39 tahun 2019) yang diikuti 30 peserta perwakilan dari OPD dan instansi vertikal, bertempat di hotel New Merdeka Jl. P Diponegoro no.69 Pati, Selasa (21/01).

FGD dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Pati, Anang Sarwoto, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pengelola data OPD dan instansi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan FGD yang membahas data Pati dalam angka tahun 2020, yang merupakan salah satu langkah awal publikasi berkualitas yang nantinya akan membantu pemerintah sebagai dasar perencanaan pembangunan yang tepat sasaran serta dapat menjawab permasalahan daerah, tentunya memerlukan data yang berkualitas, akurat, lengkap, relevan dan berkesinambungan serta terkini yang bersumber dari berbagai OPD dan instansi.

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, Dinas Kominfo sebagai wali data, sedangkan BPS sebagai Pembina dan sekretariat berada di Bappeda.

Dengan digelarnya FGD, lanjutnya sebagai wadah komunikasi dan bentuk koordinasi penyelenggara kegiatan statistik, tersedianya data dan informasi yang berkualitas, kompherensif dan terpadu sampai tingkat wilayah terkecil.

“Tujuannya supaya tidak terjadi kesenjangan antara data yang dibutuhkan dengan data yang tersedia,” tandasnya.

BPS tidak bisa berjalan sendiri, sambungnya, sehingga diperlukan komunikasi dan koordinasi dengan OPD terkait di lingkungan Pemda Pati. Dia berharap, OPD yang hadir untuk lebih pro aktif dalam memberikan data yang akurat, sehingga menghasilkan publikasi Kabupaten Pati dalam angka yang lebih baik serta dapat menjadikan data statistik sektoral yang lebih berkualitas.

Dia juga mengingatkan kedepan tantangan kita semakin besar revolusi industri 4.0 sudah mulai dan perkembangan teknologi semakin maju, tentunya kita harus tetap survive dan mampu beradaptasi, kalau kerja kita masih seperti 10 tahun silam maka akan tenggelam.

“Perkembangan teknologi sekarang membuat masyarakat lebih dapat melihat hasil-hasil pembangunan, ini menjadi tantangan pemerintah untuk memenuhi program yang diperlukan oleh masyarakat. Untuk itu, mari kita bersama-sama menyatukan data yang ada, sehingga jelas apa yang harus dilakukan sesuai dengan kondisi masyarakat.” ungkapnya.

Semoga melalui kegiatan FGD, kerjasama kita semakin erat, untuk mewujudkan data efektif, cepat dan tepat, akurat, semakin luas jangkauannya serta dipahami oleh masyarakat.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh 2 narasumber yaitu Kepala Seksi Integrasi Pengolahan Data Statistik Pati, Agus Slamet Rupingi dan staf nya, Suparman.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi bersama mentor yang terbagi per wilayah OPD dan instansi, diteruskan ramah tamah sambil menikmati hidangan makan siang bersama. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 50 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

RAT PKPRI Sragen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial