Berita

Halaman Berita

Kemenag Pati Dan PT. Pegadaian (Persero) Teken MOU Perkenalkan Program Arrum Haji

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 13 Februari 2020

* Kemenag Pati Dan PT. Pegadaian (Persero) Teken MOU Perkenalkan Program Arrum Haji.

Pati – PT. Pegadaian (Persero) cabang Pati menggandeng Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati bersama mitra dakwah Arrum Haji menggelar sosialisasi dan penandatanganan MOU terkait layanan pembiayaan haji secara syariah, bertempat di aula lantai dua kantor Kemenag Kab. Pati, Rabu (12/2/2020).

Selain Kepala Kankemenag Kab. Pati dan Kepala PT. Pegadaian (Persero) cabang Pati beserta tim jajaran, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Subbag Tata Usaha dan perwakilan Kasi Bimas Islam Kemenag Pati, dengan menghadirkan 176 penyuluh agama islam non PNS sebagai peserta sosialisasi.

Bagi anda yang hendak menunaikan ibadah haji namun tabungan anda masih kurang untuk biaya pemberangkatan melalui jalur haji regular, maka jika anda memiliki emas minimal 15 gram dapat mengajukan pembiyaan ibadah haji di setiap outlet Pegadaian Syariah untuk mendapatkan produk Arrum Haji.

Bentuk pembiayaan dari Arrum Haji ini merupakan pinjaman sebesar 25 juta rupiah dalam bentuk tabungan haji. PT. Pegadaian memberikan layanan bagi para nasabah yang mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan untuk pergi haji.

"Namun perlu kami tegaskan bahwa pihak Pegadaian Syariah hanya membantu pembiayaan, karena terkait pemberangkatan dan teknis lainnya adalah kewenangan Kementerian Agama," ujar Kepala PT.Pegadaian (Persero) cabang Pati, Nasrul Hidayat saat memberikan sambutan.

Cara mendapatkan produk ini adalah dengan melakukan pembukaan rekening dengan nominal sebesar Rp 500 ribu. Sementara yang dapat dijadikan sebagai jaminan adalah emas senilai Rp 7 juta atau Logam Mulia seberat 15 gram.

Emas tersebut merupakan bukti setoran awal biaya perjalanan haji, pengembalian pinjaman dapat diangsur selama 36 bulan.

Untuk mendapatkan produk Arrum Haji, maka calon jemaah haji harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Menyerahkan foto copy KTP dan jaminan emas serta Buku Tabungan, SPPH, SABPIH;

2. Pinjaman dapat diangsur 12,18,24 atau 36 bulan;

3. Biaya pemeliharaan barang jaminan (mu’nah) per bulan 0.95% x nilai taksiran jaminan;

4. Akad Arrum Haji sekaligus buka tabungan haji dan nomor porsi haji.

Sementara, Kepala Kankemenag Kab. Pati Imron Rosyidi sangat mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin antara Kemenag Pati dan PT. Pegadaian (Persero) cabang Pati ini.

"Kami bangga dapat bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero), kami berharap kerjasama ini dapat memudahkan umat islam dalam proses pendaftaran porsi haji melalui produk Arrum Haji PT. Pegadaian (persero) Syariah," ujarnya.

“Semoga ini bisa bermanfaat dan dapat membantu Umat Islam agar mendapatkan kesempatan naik haji dengan cara baru melalui program Arrum Haji, Pegadaian akan memberikan pinjaman pembiayaan haji kepada nasabah,” pungkas Kepala Kankemenag Kab. Pati mengakhiri sambutannya.

Sebagai ucapan terima kasih atas kerjasama ini, pihak PT. Pegadaian (Persero) cabang Pati memberikan bantuan sarana prasarana kepada kantor Kemenag Kab. Pati. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 58 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

RAT PKPRI Sragen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial