Berita

Halaman Berita

Kemenag Pati Gelar Sosialisasi Ujian Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 14 Februari 2020

* Kemenag Pati Gelar Sosialisasi Ujian Madrasah Tsanawiyah di Hotel Safin Pati.

Pati – Kemenag Kab. Pati melalui seksi Pendidikan Madrasah mengadakan Sosialisasi Ujian pada Madrasah Tsanawiyah Tahun Pelajaran 2019/2020, bertempat di Hotel Safin, Jl. Diponegoro No.229, Rabu (12/2/2020).

Kepala seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Pati, Ruhani dalam laporannya sekaligus sebagai nara sumber menjelaskan bahwa kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kab. Pati ini diikuti sebanyak 141 peserta terdiri dari 135 kepala madrasah dan 6 pengawas MTs.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi beberapa regulasi terkait ujian yang akan digelar di seluruh madrasah terutama regulasi yang terbaru, dengan tujuan untuk menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan ujian pada madrasah di Kab. Pati,” jelasnya.

Menurut Ruhani, Dalam sosialisasi ini akan diberikan informasi dan pemahaman secara lengkap terhadap pelaksanaan berbagai macam ujian akhir yang harus dilaksanakan oleh Madrasah, juga akan disampaikan kebijakan-kebijakan yang terkait pelaksanaan ujian pada madrasah.

“Kemenag melalui seksi pendidikan madrasah akan mendukung kesuksesan pelaksanaan ujian pada madrasah tahun pelajaran 2019/2020,” tegasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai sarana sosialisasi Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah sekaligus sosialisasi POS (Prosedur Operasional Standar) Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020 berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 247 Tahun 2020.

“POS tersebut mengadopsi dari amanat Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Ruhani, Dalam POS UM tersebut yang menjadi hal baru adalah kemandirian madrasah dalam meyelenggarakan ujian yang dimulai dari pembuatan kisi-kisi, naskah soal sampai penggandaannya, sehingga para guru dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif sehingga SDM guru semakin meningkat dan lebih maju untuk menghantarkan madrasah yang hebat dan bermartabat. Itu dilaksanakan tidak hanya di ujian madrasah namun dilaksanakan juga pada ujian semesteran.

“Penyelenggaraan Ujian Madrasah benar-benar dilaksanakan dengan berpedoman pada POS UM yang ada.tidak hanya dilaksanakan dengan KP (kertas pensil) tapi juga dengan BK (berbasis computer) seperti halnya UN dan UAMBN,” tegas Pria kelahiran Tayu Pati ini.

Sementara, Ketua Pokjawas Kemenag Pati Suwarno yang juga ditunjuk sebagai nara sumber pada kegiatan ini mengatakan, Kemandirian ujian pada madrasah yang sesuai dengan POS memunculkan inovasi baru dan diperbolehkan dengan menggunakan CAT ( computer Assested Test ) berbasis Android.

“Hal ini akan lebih menghemat biaya dan integritasnya tinggi karena secara otomatis soal ujian akan diacak oleh system sehingga soal yang satu dengan yang lain akan berbeda,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 5 s/d 7 februari tahun ini berurutan mulai jenjang MA sampai dengan MI bertempat di Aula Kankemenag Kab. Pati. Adapun jumlah Penyelenggara Ujian Madrasah di lingkungan Kemenag Pati ini sebanyak 203lembaga jenjang MI, 165 lembaga pada jenjang MTs dan 64 lembaga pada jenjang MA. (Am/qq)

 


Dibaca sebanyak 126 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

RAT PKPRI Sragen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial