Berita

Halaman Berita

Kemenag Pati Terima 7 Mahasiswa PPL UIN Walisongo Semarang

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 11 Juli 2019

* Kepala Kemenag Pati bersama Dosen Pembimbing dan 7 Mahasiswa PPL UIN Walisongo Semarang.

Pati - Selain Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), salah satu proses yang harus dilalui oleh mahasiswa calon sarjana pada sebuah perguruan tinggi dalam menyelesaikan pendidikannya adalah mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PPL).

Para mahasiswa PPL biasanya ditempatkan pada instansi-instansi yang akan disesuaikan dengan jurusan dan program studinya masing-masing.

Bertempat di ruang kerja Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Pati, 7 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang didampingi oleh dosen pembimbing dan 1 orang panitia PPL diterima secara resmi untuk melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Kantor Kemenag Kab. Pati, Selasa pagi (9/7/2019).

Ketujuh Mahasiswa dari Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Walisongo Pati ini terbagi dalam 2 Program Studi (Prodi) yakni Prodi Manajemen Dakwah sebanyak 4 orang dan Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam sebanyak 3 orang.

Dosen Pembimbing, Muslam saat menyerahkan para mahasiswa PPL tersebut, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa tujuan dari PPL adalah untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa calon sarjana setelah belajar selama 6 semester di kelas dalam bentuk teori.

“Kegiatan PPL ini merupakan momen bagi para mahasiswa untuk melihat secara real pelajaran yang telah diperoleh selama ini di kampus dengan apa yang akan ditemui di lapangan. Misalnya dari prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, mereka bisa langsung melihat bagaimana proses pemberian penyuluhan tentang keluarga sakinah dan problematika keluarga kepada calon pengantin pada kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Kantor Urusan Agama (KUA). Sedangkan untuk prodi Manajemen Dakwah, para mahasiswa ini dapat mempelajari secara langsung bagaimana memenej/mengatur kelembagaan Islam seperti Haji dan Umrah dan lembaga dakwah serta melihat secara langsung problematika yang dihadapi dalam mengelola lembaga tersebut”, ungkap Muslam.

Lebih lanjut dikatakan bahwa para mahasiswa PPL ini akan belajar dan menjadikan Kementerian Agama sebagai laboratorium untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini.

Harapannya, walau hanya sebulan melaksanakan PPL, semoga kegiatan ini dapat menghasilkan mahasiswa yang dapat menyelesaikan masalah di tengah-tengah masyarakat.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Imron Rosyidi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar Kantor Kemenag Kab. Pati kepada para mahasiswa PPL tersebut.

Selanjutnya Kepala Kemenag menyampaikan aturan-aturan serta kode etik yang harus mencerminkan sebagai warga Kemenag yang harus diperhatikan oleh para mahasiswa PPL, termasuk jam kerja yang berlaku di Lingkungan Kemenag Kab. Pati.

Untuk selanjutnya para mahasiswa didistribusikan sesuai jurusan masing-masing, di antaranya ke seluruh seksi pada kantor Kemenag Kab. Pati setelah mendapatkan surat tugas. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 77 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial