Berita

Halaman Berita

Kemenag Sambut Baik Tambahan Nilai bagi Penghafal Alquran

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Magelang - 07 Juni 2018

* Siswa yang ikut uji petik hafalan Al-Qur’an di Kantor Kemenag guna mendapat sertifikat untuk diajukan ke sekolah saat pendaftaran.

Kota Magelang – Kantor Kementerian Agama Kota Magelang mengapresiasi kebijakan Pemkot Magelang yang memberi tambahan nilai non-akademis pada calon siswa baru yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an dalam PPDB 2018/2019. Untuk itu sejak Selasa (05/06) lalu hingga hari ini, Kemenag Kota Magelang melakukan Uji Petik Hafalan Alquran dan nantinya mendapatkan sertifikat di Kantor Kementerian Agama.

Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang, Anif Solikhin mengungkapkan kebijakan yang dinilai baru dan belum ada di daerah lain ternyata di luar dugaan mendapat sambutan cukup baik bagi orang tua siswa, hal ini terbukti dari membludaknya siswa yang ikut.

“Perkiraannya paling hanya 5-10 siswa yang ikut uji petik hafalan Al-Qur’an di Kantor Kemenag untuk mendapat sertifikat dan diajukan ke sekolah saat pendaftaran. Tapi, ternyata yang datang di hari pertama saja lebih dari 35 calon siswa baru,” ungkap Anif.

“Saya rasa kebijakan ini sangat bagus sebagai apresiasi pemerintah pada anak-anak penghafal Al-Qur’an. Sekaligus dapat memacu semangat anak-anak dalam belajar keagamaan,” ujarnya.

Mereka yang datang rata-rata sudah hafal 1-4 juz dan membawa sertifikat dari sekolah atau lembaga sebelumnya. Bahkan, ada yang hafal hampir 30 juz dari santri salah satu pondok pesantren di Magelang. Anif pun mengusulkan agar kebijakan ini dapat dilanjutkan ke jenjang di atasnya, seperti nilai tambahan untuk masuk ke SMA/sederajat.

Sekretaris PGRI Kota Magelang, Salamun yang juga selaku tim menilai, mengungkap kebijakan ini dapat meningkatkan semangat anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an. Hal ini karena mereka mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah berupa tambahan nilai non-akademis dalam PPDB 2018/2019. “Kalau biasanya mereka mendapat sertifikat di lomba-lomba, sekarang sertifikat untuk kemampuan hafalannya itu sendiri. Kalau kebijakan ini dilanjutkan ke tingkat di atasnya lagi akan semakin bagus,” jelas salamun.(Ma/sua)


Dibaca sebanyak 53 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Bupati pun dampingi jawara MTQ bertolak ke tanah suci Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 23 Januari 2019

Belajar Sejarah Dengan Outing Class Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 23 Januari 2019

Perayaan Natal 2018 sekaligus Pembinaan Guru PAK Kota Surakarta Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 23 Januari 2019

Informasi Penting


Pengumuman Penjelasan Pemberkasan CPNS Subbag Inmas 01 - 21 Januari 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial