Berita

Halaman Berita

Kepala Kemenag Surakarta: Pencatatan Wakaf Urusuan Penting !

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 08 November 2019

* Kepala Kemenag Kota Surakarta, Musta'in Ahmad menyampaikan materi Sosialisasi Wakaf

“Alhamdulillah kita bersyukur pada penghujung tahun 2019 ini, kita punya kegiatan yang strategis dan menarik (pencatatan wakaf). Betapa wakaf ini sesungguhnya urusan yang sangat penting.” Ujar Musta’in Ahmad, Kepala Kementerian Agama Kota Surakarta dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Siwak oleh Kemenag Surakarta di Hotel Swis Berlin Solo pada Rabu (06/11) kemarin.

Musta’in menjelaskan bahwa pencatatan wakaf sangat penting. “Jauh lebih penting, jauh lebih abadi dibanding dengan pencatatan nikah. Tetapi, seringkali kita terbalik, meskipun tidak dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk urusan pencatatan nikah, kita ini perhatiannya luar biasa. Tetapi, di luar itu, satu yang penting Wakaf ternyata belum mendapatkan porsi, perhatian, pencurahan energi yang layak sebanding dengan kepentingan wakaf itu sendiri,” lanjutnya.

Musta’in kemudian melanjutkan bahwa jika dilihat dari fungsi dokumennya, maka dokumen wakaf akan berguna hingga akhir hayat. “(Dokumen wakaf) Akan terus digunakan. Harus tetap terjaga dengan baik. Sementara kalau dokumen pernikahan, mungkin hanya bertahan kira-kira 50 tahun paling lama 100 tahun,” bebernya.

Musta’in kemudian memberikan sebuah gambaran seputar wakaf. “Untuk urusan wakaf ini, harta wakaf itu, pewakifnya, nadzirnya sudah berganti-ganti. Wakifnya sudah tidak ada, nadzirnya sudah berganti-ganti dokumen wakaf itu tetap digunakan. Sehingga bahasa saya dokumen itu akan terus terpakai sampai bubarnya ndonyo iki. Apalagi tanah wakaf itu tambah hari tambah banyak,” lanjutnya.

Musta’in melanjutkan bahwa dari sisi kekuatan untuk pemberdayaan umat, kalau uang zakat, kalau kita pakai  fikih konservatif, itu harus selesai, harus habis ditahun itu. Tapi, wakaf kan tidak bisa dihabiskan, bahkan tidak boleh habis. “Jadi kekuatan zakat itu, meskipun misalnya potensi zakat kita (nasional misalnya) konon sampai 13 triliun per tahun. Sementara potensi zakat kira-kira tiga triliun. Tetapi  yang 13 triliun itu akan habis dalam waktu setahun. Artinya, harus tersalur semua uang zakat itu kecuali nanti akan ada pendapat-pendapat fikih modern. Fikih konservatif mesti habis. Sementara kekuatan wakaf tidak boleh habis, artinya akan terus bertambah dan bertambah. Pada saatnya nanti, ada titik di mana kekuatan wakaf akan lebih kuat dibanding zakat,“ ungkap Musta’in.

Musta’in mengajak agar tidak terkungkung satu pandangan tapi melihat banyak peluang, banyak pandangan dan kemudian melakukan langkah-langkah yang strategis untuk capaian-capaian itu. ”Ada kesadaran kita ini momentumnya, ini kesempatannya mumpung gaweyan wis rodok rampung untuk tahun ini kita konsentrasikan ngurus wakaf, akhir tahun pencatatan wakaf rampung,” imbaunya.

Musta’in berharap dengan adanya sosialisasi pengelolaan siwak muncul kesamaan frekuensi antar pegawai Kemenag. “Bahwa kesepakatan besar kita sebagai birokrasi adalah melayani masyarakat, di antaranya menyajikan birokrasi yang bisa diakses oleh siapa saja. Ini sejalan dengan cita-cita Pemerintah Pusat dengan sistem internasional menuju Good Governance, Clean Governance, dan World Class Birocrachy pada 2025” pungkasnya. (soleh-my/bd)


Dibaca sebanyak 60 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kali ke-3 Kafilah Kab. Pati Pertahankan Juara Umum MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 20 November 2019

KKM 1 MI Kota Semarang Raih Juara I Tenis Meja HAB Kemenag Tingkat Kota Semarang Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 November 2019

KKRA Dituntut Bisa Membawa RA Lebih Baik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

Informasi Penting


Penetapan Peserta Terbaik MTQ Pelajar XXXIV 2019 Administrator - 20 November 2019

Rekrutmen Penyuluh Agama Buddha Non PNS 2020 Administrator - 20 November 2019

Materi Rakor PBJ Hotel Grasia Semarang Administrator - 18 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial