Berita

Halaman Berita

Kepala Madrasah Perlu Miliki Jiwa Enterpreneur

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 16 April 2018

* Kakankemenag sampaikan Sambutan Pembinaan Kepala Pejabat Struktural dan Fungsional

Banjarnegara – Sebagai pimpinan, kepala  madrasah diharapkan mengembangkan jiwa entrpreneur-nya dalam mengelola madrasah. Manajemen bisnis perlu diterapkan agar keberadaan madrasah memiliki keunggulan, daya saing dan peningkatan kualitas yang menjadikan madrasah sebagai alternatif terbaik pendidikan diwilayah.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara saat Pengukuhan, pelantikan dan Pengambilan Sumpah/ Janji Jabatan Struktural dan Fungsional Jumat (13/04) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Kakankemenag menyampaikan selamat kepada Kepala MIN dan Kepala Urusan TU MTsN, dan JFT yang dilantik kembali dengan adanya regulasi nomenklatur baru. Sesuai ketentuan KMA Nomor 810 tahun  2017 tentang Perubahan Nama MAN, MTsN dan MIN di Provinsi Jawa Tengah mengharuskan seluruh pejabat definitif harus di lantik kembali, diambil sumpah dan dilakukan serentak seluruh Jawa Tengah.

Dinamika yang cepat didukung dengan perkembangan teknologi dan informasi menuntut kepekaan ASN Kementerian Agama, tidak terkecuali pejabat di kantor dan madrasah.  Kompetensi terkait tugas dan fungsi (tusi) juga perlu di tingkatkan, ucap Masdiro.

Kompetensi Kepala Madrasah

Sebagai Kepala Madrasah perlu memiliki kompetensi utama yang harus di kuasai. Kompetensi tersebut yakni kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan.

Kompetensi manjerial berhubungan dengan lingkungan internal madrasah sebagai sebuah organisasi pendidikan. Adapun kompetensi supervisi  digunakan untuk monitoring dan evaluasi khususnya kepada guru saat di kelas.

Jaman Now, jiwa enterpreneur/ kewirausahaan juga perlu di miliki dan di kembangkan seorang kamad. Dengan daya saing pendidikan dengan sekolah, keunikan, keunggulan sekolah tentunya perlu dimunculkan yang menjadikan daya tarik masyarakat menyekolahkan di sekolah tersebut.

Kepala, guru dan pengawas juga perlu memiliki pola pikir futuristik ke depan dengan prinsip siapa yang bersinergi dengan perubahan maka dia akan memenangkan persaingan di masa depan, disampaikan Kakankemenag sebagai penutup. (Nangim/bd)


Dibaca sebanyak 42 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Tim Roket Air MTsN 1 Magelang Melenggang ke Seleksi KRAN 2018 Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang - 24 September 2018

MAN 1 Magelang Selenggarakan Pendidikan Karakter Kepemimpinan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang - 24 September 2018

Farhani: Pejabat Perbendaharaan Agar Realisasikan Anggaran Sesuai Ketentuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang - 24 September 2018

Informasi Penting



Info Pemulangan Haji (06-09-2018) 02.00 WIB Administrator - 29 Agustus 2018

Alur Pendaftaran Haji Reguler Administrator - 25 Agustus 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial