Berita

Halaman Berita

Ketua FKUB: Baca dan Pahami PBM Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 Agar Tidak Salah Persepsi

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 13 Februari 2020

* FKUB dan Kemenag melakukan survey permohonan rekomendasi izin permohonan IMB tempat ibadah di pracimantoro

Wonogiri - Tim Survey Lapangan Pendirian Rumah Ibadah FKUB Kabupaten Wonogiri melakukan survey terhadap permohonan rekomendasi untuk izin mendirikan bangunan (IMB) Masjid Baiturrocmah Jenar Pracimantoro, Wonogiri, Senin (10/02)

Ketua FKUB Kabupaten Wonogiri, Sutopo Broto, selaku  ketua rombongan tim survey mengatakan, kedatangan tim survey sebagai tindak lanjut atas pengajuan permohonan rekomendasi Izin Mendirikan Rumah Ibadah (IMB) oleh pengurus Masjid Baiturrocmah Jenar Pracimantoro, Wonogiri untuk melengkapi persyaratan pengajuan Izin Mendirikan Bangunan rumah ibadah/masjid ke kantor perizinan.

Turut dalam tim tersebut adalah Pranata Humas Kankemenag Wonogiri sekaligus tim pengendali KUB Kankemenag Wonogiri, Mursyidi. Dalam Penjelasannya, Mursyidi menyampaikan bahwa Kementerian Agama dan FKUB terus berkomitmen untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, dengan melakukan pembinaan melalui dialog dan komunikasi bersama berbagai tokoh lintas Agama, terkait moderasi beragama, sesuai dengan sosialisasi PBM 2006 nomor 9 dan 8 Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri terkait dengan pendirian tempat ibadah.

"Kemenag dan FKUB tidak berwenang memberikan ijin pendirian tempat ibadah, karena itu merupakan wewenang Bupati. FKUB hanya memberikan rekomendasi bersama Kementerian Agama untuk melakukan pengecekan dilapangan setiap kali ada pengajuan dari masyarakat terkait pendirian tempat ibadah, yang nantinya dijadikan pertimbangan Bupati untuk memberikan ijin," ucap Mursyidi.

Dalam acara tersebut Ketua FKUB menghimbau umat beragama untuk dapat membaca dan memahami Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor 9 dan Nomor 8 tahun 2006. PBM ini mengatur tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Dan Pendirian Rumah Ibadat.

"PBM merupakan kristalisasi hasil musyawarah pimpinan umat beragama yang mewakili majelis-majelis agama. Kementerian Agama bersama Kementerian Dalam Negeri pada 2006 telah memfaslitasi tokoh dan pemuka agama untuk melakukan serangkaian diskusi guna merumuskan ketentuan terkait rumah ibadah dan upaya menjaga kerukunan," pesan Sutopo. (mursyid_heri/Sua)


Dibaca sebanyak 19 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

RAT PKPRI Sragen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial