Berita

Halaman Berita

KKM MTsN 01Kudus Sosialisasi KMA Nomor 183 dan 184 Tahun 2019 dan SKB 4 Menteri

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 10 Juli 2020

* KKM MTsN 01Kudus Sosialisasi KMA Nomor 183 dan 184 Tahun 2019 dan SKB 4 Menteri

Kudus – Kelompok Kerja Madrasah  (KKM) MTsN 01 menggelar sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 dan 184 Tahun 2019 dan Surat Keputusan Menteri Agama (SKB) 4 Menteri dalam menghadapi tahun pelajaran 2020/2021 dalam tatanan normal baru di tengah pandemic covid 19 , diikuti sebanyak 43 Kepala MTs se KKMTs 01 Kudus Selasa, (7/7/2020 di Aula MTsN 01 Kudus.

Kepala MTsN 01 Kudus Taufik Hidayat dalam laporanya menuturkan bahwa sosialisasi ini sangat penting dilakukan mengingat semakin dekatnya tahun ajaran baru. Saat ini Kabupaten Kudus belum masuk dalam kategori zona hijau maka kemungkinan dalam pembelajaran madrasah masih akan memberlakukan sistim  daring . Dan  apabila madrasah  diperbolehkan pembelajaran dengan tatap muka kita tetap memegang teguh aturan dari pemerintah dengan mempersiapkan media yang menarik agar peserta didik merasa senang .

“ Di masa pandemic ini menimbulkan beberapa permasalahan dalam pembelajaran yaitu sarana prasarana , kuota internet juga kegelisahan para orang tua siswa yang tidak mampu mengendalikan atau mengawasi putra putrinya apalagi menggantikan sebagi guru. ” Jelasnya . Lanjut Taufik dalam kondisi darurat, madrasah berhak memodifikasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan pembelajaran dalam setiap pembelajaran yaitu dengan melaksanakan kegiatan matsama/masa orientasi madrasah.”pungkasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kab.Kudus Akhmad Mundakir saat membuka acara sekaligus memberikan materi tentang SKB 4 Menteri menyampaikan bahwa dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat , Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Kementerian Kesehatan , kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB).

“SKB ini merupakan panduan penyelenggaraan tahun ajaran baru di masa pandemi COVID – 19 bagi satuan pendidikan formal dari pendidikan tinggi dan usia dini dan non formal. Dan prinsip utama pendidikan di masa pandemi ini adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik , pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaranya.” Jelasnya.

Lanjut Mundakir“ Kita ketahui bersama bahwa potret perkembangan madrasah dari tahun ke tahun bertekat meningkatkan kwalitas dan tata kelola madrasah. Saat ini animo dan apresiasi masyarakat terhadap madrasah semakin meningkat . Oleh karena itu pada era pemerintahan saat ini marilah kita tingkatkan daya saing madrasah kita baik di tingkat nasional maupun internasional dengan semboyan madrasah hebat dan bermartabat.” harapnya.

Setelah sambutan dilanjutkan pemberian materi oleh 3 nara sumber dari Kemenag yaitu Plt Kasi  Penmad , HM Kafit dengan judul materi SKP terbaru dan dari pengawas madrasah ,Siti Zumaroh dan Tri Wahyuni dengan materi KMA no 183 dan 184 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI, Bahasa Arab di Madrasah dan Implementasinya. (St.Zul/wwk/bd)


Dibaca sebanyak 726 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial