Berita

Halaman Berita

LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

* siswa siswi MTsN 1 Demak memanfaatkan waktu luang untuk membaca setelah diberlakukannya gerakan literasi meningkatkan daya baca anak untuk menambah wawasan , pengetahuan di MTsN setempat,12-10-2019

Demak - Madrasah hebat Madrasah bermartabat, itulah slogan gerakan perubahan yang didengungkan di MTs Negeri 1 Demak,  ini kali pertama dilaksanakannya kegiatan literasi, literasi menjadi bagian aksi kegiatan unggulan di Madrasah ini, hal ini disampaikan Kepala Madrasah Stanawiyah Negeri ( MTsN 1 ) Demak H. Kasturi, S.Pd.I.M.Pd pada acara  Gerakkan Literasi sebagai Cara Untuk Menambah Wawasan, Pengetahuan Serta Meningkatkan Daya baca dan daya Kritis siswa di Madrasah Stanawiyah setempat. 12-10-2019.

Lebih lanjut Kasturi mengatakan, melalui kegiatan ini anak-anak tumbuh gemar membaca dan menulis, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa masyarakat  Indonesia masih perlu ada gerakan membaca dalam skala nasional. “ Maka untuk itu Kepala Madrsah Stanawiyah Negeri 1 Demak Kasturi dalam rangka menggenjot amanat pembukaan Proklamasi Indonesia yakni ikut mencerdaskan kehidupan bangsa maka perlu adanya gerakan yang dapat menumbuhkan semangat membaca dan menulis.” Katanya.

“ Kegiatan literasi rencananya akan terus digalakkan dengan inovasi – inovasi yang menantang seperti lomba menulis, bercerita dan cerdas cermat antar kelas ini dimaksudkan agar siswa ada motivasi dan berlomba dalam hal kebaikan.” Ujarnya

Menurutnya Manfaat dari literasi sendiri sangat banyak dan ampuh untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, kita mampu menjalani hidup di masa sekarang dan nanti di masa depan dengan  memperbanyak literasi. Telah kita ketahui bersama bahwa budaya literasi ini sudah terlalu dilupakan, apalagi dalam perkembangan masyarakat era millenial seperti saat ini. “ untuk itu kegiatan literasi kita budayakan dan kita kembangkan agar anak-anak terbiasa dengan membaca dan menulis sehingga wawasan dan pengetahuan siswa semakin bertambah.” Katanya.

Dihari pertama kegiatan ini diikuti oleh  semua siswa dan juga semua guru. Mereka membaca buku cerita,biografi dll. Disamping membaca mereka juga dapat tugas untuk menulis kembali hasil bacaannya dan dikumpulkan kepada wali kelas masing-masing.

Kasturi berharap, Kesuksesan agenda tak lepas dari peran serta yang aktif semua wali kelas dan guru, untuk itu harapan besar dari Kasturi  kepada semua sivitas akademika MtsN 1 Demak untuk mengambil bagian dengan aktif mengawal kegiatan ini. “ Selamat Madrasahku  lompatan dan inovasi kegiatanmu selalu dinanti masyarakat sekitarmu.” Imbuhnya. (ms/qq)

 

 


Dibaca sebanyak 62 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Kab. Pemalang Adakan Seleksi Calon Peserta Asesmen Promosi Kamad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Tiga Prinsip Kerja Plt. Kepala Kankemenag Kab. Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Wamenag Hadiri Tahlil & Doa 100 Hari Wafatnya Mbah Moen Subbag Inmas 08 - 15 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial