Berita

Halaman Berita

LP2A Joyotakan Beli Mobil Ambulan ‘Baru’

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 20 Mei 2020

* Ambulan 'Baru' LP2A Joyotakan, Serengan - Surakarta siap melayani warga

Surakarta - “Alhamdulillah kami umat Islam Joyotakan, Serengan - Surakarta yang di pelopori LP2A diberikan kemudahan untuk membeli mobil layanan umat dengan harga Rp 120 juta. Semoga bermanfaat bagi umat”.

Demikian disampaikan Wachid, PAI Non PNS Kota Surakarta melalui telpon, Rabu (20/05) siang.

Ucapan syukur itu pantas mereka ucapkan setelah idul fitri tahun kemarin, diadakan penggalangan dana dari masing-masing masjid. “Kami menyebarkan 300 formulir sertifikat donatur dengan  nilai paling rendah 50 dan tertinggi 100 ribu rupiah”, imbuh sekretaris LP2A Joyotakan yang sudah belasan tahun itu.

Dengan adanya transportasi roda empat tersebut, kata Wachid, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan rapat rutin tiap bulan di masjid-masjid, pengadaan solat idul adha dan idul fitri satu kampung dan lainnya.

Mobil niaga bekas rakitan 2014 yang telah dipermak menjadi mobil ambulan baru itu menghabiskan dana sebasar Rp.120 juta.“Alhamdulillah warga mendukung”, ujarnya.

Dengan memiliki transportasi yang memadai ini, LP2A Joyotakan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik termasuk untuk acara pengajian, undangan maupun besuk warga atau jamaah yang sakit.

“Intinya, pengurus ingin mempermudah jamaah yang biasanya meminjam lembaga lain, karena warga kita ini termasuk ekonomi menengah kebawah”, terang penyuluh yang membidangi Zakat di KUA Serengan.

Meskipun mobil ambulan itu milik LP2A, namun dalam operasionalanya nanti tidak hanya bagi umat muslim, yang non-muslim pun dipersilahkan. “Jadi ini untuk warga. Tidak hanya umat islam. Non-muslim pun boleh menggunakan”, bebernya.

Yang menarik, operasional mobil ambulan ini rencananya akan digratiskan. “Kalau mau infak ya monggo”, katanya.

Oleh karena itu, kedepannya, ujar Wachid, akan dibuatkan kotak amal yang akan disebar pada tiap masjid, terutama masjid yang besar untuk menunjang operasional sehari-hari.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemakainya, pengurus  mempercayakan pemeliharaan mobil tersebut kepada tim yang sudah dibentuk terdiri dari tiga orang sopir yang sewaktu-waktu harus siap 24 jam.
        
Dengana adanya mobil tersebut pengurus berharap lebih meringankan warga  dan sewaktu-waktu ada yang sakit bisa dijemput dan tidak usah bayar.

Selain itu, tambahnya, dengan aktivitas keagaaan yang semakin banyak, apalagi adanya virus Corona yang belum ada tanda-tanda usai itu dapat dimanfaatkan untuk mengangkut bantuan sembako bagi warga atau ormas yang membutuhkan. “Tidak usah bayar”, pungkasnya. (Sol/my/bd)


Dibaca sebanyak 71 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial