Berita

Halaman Berita

Luar Biasa, Layanan Calon Jemaah Haji di Purbalingga

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 25 Juni 2019

* Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Ratmono memberikan penjelasan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 H di Pendopo Dipokusumo Purbalingga.

Purbalingga - Pelayanan haji di Kabupaten Purbalingga membuat banyak kabupaten lain iri karena semua ditanggung oleh Pemerintah Daerah. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Ratmono pada kegiatan Silaturahmi Keluarga Besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Sabtu (22/06/2019).

Ratmono menegaskan, apabila masih ada oknum atau orang yang mengatakan adanya pungutan bagi jemaah haji Purbalingga dalam penyelenggaraan ibadah haji maka hal tersebut tidak benar karena semua sudah ditanggung Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga.

"Purbalingga masih satu-satunya yang menggunakan layanan ini di Jawa Tengah. Fasilitas pelayanan ini merupakan salah satu layanan yang biayanya ditanggung oleh anggaran Pemerintah Kabupaten Purbalingga," katanya.

Dia menambahkan, dalam tiga tahun terakhir berbagai fasilitas dan layanan bagi Calon Jemaah Haji (CJH) diselenggarakan Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama hingga hal terkecil seperti  sampul paspor dan penyablonan koper yang saat ini sedang dalam proses pencetakan.

Dalam urusan pengadaan paspor pun sebanyak 576 calon jamaah haji Kabupaten Purbalingga menggunakan fasilitas mobile pasport on the spot yang merupakan layanan pembuatan paspor dengan mendatangkan petugas imigrasi ke lokasi yaitu Purbalingga. layanan ini sangat membantu dan mempermudah calon jemaah haji karena mereka tidak lagi harus melakukan perjalanan jauh ke kantor imigrasi di Cilacap. Apalagi sejumlah 68 ?ri total CJH tersebut telah berusia lanjut (lansia).

Pembagian Kloter

Ratmono memaparkan, CJH tahun ini terbagi menjadi 4 kelompok terbang (kloter). Yaitu kloter 70 terdiri dari 49 orang bergabung dengan CJH dari Kabupaten Banyumas, sedangkan 352 CJH lainnya tergabung dalam kloter 71 yang seluruhnya dari Purbalingga.

"Sejumlah 172 orang tergabung dalam Kloter 72 bersama  dengan CJH dari Banjarnegara dan cadangan sejumlah 3 orang masuk dalam kloter 96 atau 97. Mudah-mudahan seluruh jemaah diberi kesehatan karena 68 ?alah lansia. Maka butuh dukungan doa semoga dimudahkan segalanya selama menjalankan ibadah haji," ungkapnya.

"Jadwal pasti keberangkatan belum turun namun perkiraan pada 27 atau 28 Juli karena Purbalingga akan masuk gelombang kedua dalam kloter 70, 71, 72 dan 3 orang cadangan dalam kloter 96 atau 97," tambahnya.

Terkait kuota tambahan secara Nasional yang berjumlah 10.000 jamaah, Ratmono menjelaskan, Purbalingga tidak menerima satu pun jemaah baik reguler urutan porsi maupun kuota bagi lansia. (sri-sar/bd)


Dibaca sebanyak 67 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial