Berita

Halaman Berita

Madrasah Tempat Pengenalan Nilai Bagi Generasi Penerus

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 09 Oktober 2019

* Kepala Madrasah Kota Surakarta menerima materi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Musta'in Ahmad.

Surakarta – Rapat Koordinasi Kepala Madrasah se-Kota Surakarta kembali diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama Kota Surakarta pada Selasa (8/10). Rapat yang bertempat di Aula Kementerian Agama Kota Surakarta ini menghadirkan para Kepala Madrasah baik Kepala MI, Kepala MTs, maupun Kepala MA untuk menjadi peserta rapat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Musta’in Ahmad menyampaikan pengarahan bahwa para guru madrasah termasuk kepala madrasah hendaknya menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah saat ini. “Kita hendaknya sesegera mungkin untuk menyelaraskan antara capaian besar madrasah dengan kebijakan pemerintah saat ini, yakni peningkatan mutu SDM. Bangsa Indonesia semakin kompetitif, jadi kita sudah seharusnya untuk senantiasa berbenah diri.” ujar Musta’in.

Ia juga menambahkan bahwa tugas para guru semakin berat. Guru semakin dituntut profesionalitasnya untuk mencerdaskan generasi bangsa. Sehingga ia menganjurkan para guru untuk senantiasa bergerak dan bertanggung jawab akan tugas dan fungsinya.

“Tugas guru kini makin berat. Guru dituntut untuk mencerdaskan bangsa. Tidak hanya itu, guru juga dituntut untuk meningkatkan kualitas para siswa. Jika untuk mencerdaskan 1 siswa itu mudah, maka kini para guru dituntut untuk mencerdaskan siswa secara menyeluruh di tempatnya bekerja. Jadi kita harus bergerak, tidak boleh santai-santai, kita harus profesional dalam bekerja.” jelas Musta’in.

Dalam rapat tersebut, Musta’in juga menyampaikan terkait nilai lebih yang ada di madrasah dan sudah seharusnya untuk dipertahankan. Nilai-nilai lebih ini diharapkan akan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan bangsa sekarang dan masa yang akan datang.

“Ada 5 nilai lebih dari madrasah kita, mulai dari nilai keislaman, nilai keindonesiaan, nilai keilmuan, nilai kemandirian, hingga nilai keumatan. Kita harus bisa memastikan bahwa anak-anak bisa mendapatkan nilai-nilai baik tersebut untuk bekalnya di masa depan. Anak-anak ini nantinya akan menjadi generasi terbaik bagi bangsa dan madrasah sebagai tempat untuk mendidik anak-anak terbaik itu.” ungkap Musta’in.

Sementara itu Syamsuddin, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Surakarta, menyampaikan terkait 4 tugas utama yang akan menjadi penilaian bagi suatu madrasah.

“Madrasah kita memiliki 4 tugas utama yang akan dinilai nantinya. Dimulai dari usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerialnya, pengembangan kewirausahaan, hingga supervisi guru dan tenaga kependidikan. Semua tugas itu ditujukan untuk mencapai profesionalitas kerja serta kemandirian madrasah. Sehingga ini semua harus kita maksimalkan.” ungkap Syamsuddin. (ppl-my/bd)


Dibaca sebanyak 19 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial