Berita

Halaman Berita

Maksimalkan Keikutsertaan KSM Online Nasional

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 September 2020

* Kakankemenag Kab. Rembang, Atho'illah didampingi Kasi Penma Syadullah mengimbau MI untuk memaksimalkan keikutsertaan KSMO tingkat nasional pada November mendatang.

Rembang – Madrasah diminta untuk memaksimalkan keikutsertakan peserta didik dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah Online (KSM) 2020 yang diselenggarakan di tingkat nasional pada November mendatang.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah dalam kegaitan rapat Kelompok Kerja MI pada Kamis (24/9/2020) di RM Kebonjati, Pamotan. Menurut Atho’illah, KSMO ini merupakan kesempatan langka yang bisa diikuti oleh setiap madrasah di daerah.

“Maksimalkan potensi siswa dalam KSMO ini. Sebagai bukti bahwa madrasah di daerah mampu bersaing dengan daerah lain di tingkat nasional. Ikut saja mumpung gratis dan jarang ada kesempatan seperti ini,” ujar Atho’illah.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah mengatakan, KSMO ini akan digelar tepatnya pada 9-10 November 2020 dan digelar dengan CBT.  Sebelum pelaksanaan KSMO nasional, dilaksanakan seleksi KSM di tingkat satuan pendidikan. KSM di satuan pendidikan ini dilaksanakan secara tertulis pada 21-30 September 2020.

Siswa yang terbaik dalam KSM tingkat madrasah itu kemudian didaftarkan sebagai peserta KSMO nasional. Adapun waktu pendaftaran yaitu 25 September – 23 Oktober 2020. “KSMO ini akan diujicobakan pada 2-3 November 2020 dari rumah masing-masing peserta. Sedangkan hasil pemenang menurut jadwal akan diumumkan pada 19 November 2020,” kata Sya’dullah.

Adapun mapel yang dilombakan yaitu, Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi untuk tingkat MI, Matematika terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi untuk tingkat MTs, serta Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi untuk tingkat MA.

Sya’dullah mengatakan, KSMO ini akan digelar menggunakan tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. “Penggunaan 3 bahasa ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa berkompetisi di tingkat internasional,” ujarnya. -- iq/qq


Dibaca sebanyak 65 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


PKKM Empat Tahunan di MTsN 2 Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 28 Oktober 2020


Yoga Untuk Intropeksi Kehidupan Bimas Hindu - 27 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial