Berita

Halaman Berita

MAN 1 Rembang olah Koran Bekas menjadi Kerajinan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 06 September 2019

* Peserta didik MAN 1 Rembang sedang membuat kerajinan dari koran bekas.

Rembang – Sebagai generasi milenial, peserta didik dituntut untuk terampil dan berkreasi dalam berbagai bidang. Lembaga pendidikan telah memfasilitasi dan mendorong peserta didik untuk selalu berinovasi dan menuangkan ide-ide melalui sebuah kreativitas.

Salah satu upaya MAN 1 Rembang untuk mendorong peserta didik berkreasi adalah dengan mendampingi peserta didik memanfaatkan limbah kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kertas-kertas koran bertumpukan yang sudah tidak digunakan menjadi obyek siswa-siswi MAN 1 Rembang sebagai bahan membuat kerajinan.

Kegiatan ini dilakukan oleh siswa dan siswi kelas XI MIPA 4 MAN 1 Rembang sebagai praktik materi pelajaran Kewirausahaan (PKw). Pada Kamis (5/9/2019) di ruang Laboratorium Keterampilan, para peserta didik mengolah kertas-kertas koran yang sudah tidak terpakai dan berkreasi dengan ide masing-masing kelompok. Mereka terlihat sangat senang serta memperhatikan petunjuk serta intruksi dari guru pengampu.

Siti Zuhriyah selaku guru pengampu PKw mengatakan, setiap peserta didik dituntut kreativitasnya dalam bentuk produk kerajinan. "Pengolahan Limbah Kertas menjadi barang kerajinan kami pilih sebagai tema dari tugas yang kami berikan atas dasar kurangnya kepedulian akan limbah kertas yang ada di masyarakat khususnya pada lingkungan Madrasah," tandas Zuhriyah.

Khafidhotul Khasanah mewakili siswa/siswi kelas XI MIPA 4 mengatakan, setiap kelas diberi tugas oleh guru pengampu mata pelajaran PKw untuk menghasilkan sebuah produk kerajinan tangan. "Kami diberi waktu selama 1 semester untuk menghasilkan 1 buah produk," kata Khafid.

Generasi Terampil

Taufik Kepala MAN 1 Rembang mengatakan, era revolusi indrustri 4.0 seperti sekarang, madrasah menyiapkan lulusan yang terampil di berbagai bidang. Untuk hal ini, MAN 1 Rembang memfasilitasi peserta didik dengan berbagai ekstrua kulikuler. Di antaranya, Otomotif, Tata Boga, Tata Busana, Qiro'ah, serta ekstra Batik.

“Dengan kegiatan tersebut, lulusan MAN 1 Rembang nantinya diharapkan bisa langsung bekerja bahkan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," kutaTaufik. -- (Tejo-iq/gt)


Dibaca sebanyak 31 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial