Berita

Halaman Berita

MAN 2 Pati Lahirkan Dalang Remaja

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 25 Juni 2019

* Anang Nuril Abdalla, Dalang Remaja dari MAN 2 Pati.

Pati - Wayang kulit termasuk salah satu budaya bangsa Indonesia yang sekarang ini sudah mulai ditinggalkan oleh kalangan muda yang lebih tertarik dengan kebudayaan millenial, saat ini hanya kalangan manula atau kalangan tertentu saja yang masih menikmati budaya wayang kulit tersebut.

Namun tidak demikian bagi seorang remaja dari wilayah pantai utara tepatnya dari kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, atas nama Anang Nuril Abdalla yang sekarang ini duduk di bangku Aliyah kelas X IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati. Saat ini dia sudah menjadi seorang dalang remaja yang siap melestarikan budaya jawa ini, pertunjukkan demi pertunjukkan sudah sering dilakukan, salah satunya pada saat ada acara Relokasi PKL dari Simpang Lima ke Pusat Kuliner yang berada di belakang GOR Pesantenan Pati, jumat malam sabtu lusa dengan lakon “Lahire Gatotkoco”. Demikian disampaikan Kepala MAN 2 Pati Harir Sutarmo, yang merasa bangga atas prestasi anak didiknya saat bertandang ke kantor Kemenag Pati, Selasa (25/6/2019).

Menurut Sutarmo, Di madrasah dia dikenal sebagai pribadi yang baik dan mudah bergaul dengan teman-temannya. Status dalang cilik dia peroleh pada saat usia masih 10 tahun ketika ada acara Temu dalang bocah se Indonesia di Solo tahun 2013 dan sejak saat itu pertunjukkan sering di gelar di berbagai kota di Jawa Tengah. Ke depan, besar harapan dia untuk bisa menjadi dalang professional.

MAN 2 Pati sebagai lembaga pendidikan tempat dia menempuh ilmu saat ini sangat mendukung dan mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap peserta didik yang mempunyai kompetensi seperti ini. “ Civitas akademika sangat bangga atas lahirnya dalang remaja untuk melestarikan kebudayaan wayang kulit tersebut,” ujar Kepala MAN 2 Pati.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Kankemenag Kab. Pati Imron Rosyidi mengaku, bahagia dan bangga dengan prestasi Anang Nuril Abdalla, salah satu siswa MAN 2 Pati tersebut. “Kreativitas Nuril sangat bermanfaat dan menghibur bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada 3 - 5 tahun terakhir, kata Kakankemenag Pati, madrasah terus maju dan berkembang. "Madrasah kini tidak lagi menjadi lembaga pendidikan alternatif, tapi menjadi pilihan utama orang tua," ujarnya. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 43 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial