Berita

Halaman Berita

MAN Karanganyar Mentasyarufkan 17.5 Juta Zakat Fitrah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar - 05 Juni 2018

* Kepala MAN Karanganyar menyerahkan zakat fitrah kepada mustahik di Kecamatan Jumantono

Karanganyar - Sebanyak kurang lebih 17.5 juta zakat fitrah MAN 1 Karanganyar tahun 2018 ditasyarufkan ke mustahik. Zakat itu terdiri dari Rp.12.500.000 berbentuk uang tunai dan berwujud beras sebanyak 5 kwintal. Zakat fitrah ini dihimpun dari seluruh siswa siswi yang mampu dan guru/karyawan MAN 1 Karanganyar. Adapun siswa yang tidak bisa menyetorkan zakat fitranya ke Madrasah karena kurang mampu maka mereka juga akan mendapat bagian zakat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Zakat fitrah MAN 1 Karanganyar ditasyarufkan melalui agenda rutin tahunan yang dikemas dengan Dakwah Ramadhan. Dakwah ramadhan tahun 2018 ini dilaksanakan di Desa Sukosari Kecamatan Jumantono, Kab. Karanganyar dan dipusatkan di masjid Baitur Rahim Dusun Bakdalem. Acara dilaksanakan selama tiga hari (Sabtu-Senin, 2-4/6).

Selain mentasyarufkan zakat fitrah, kegiatan yang dilaksanakan adalah menyelenggarakan Festifal Anak Soleh TPA/TPQ se kecamatan Jumantono, Kultum taraweh di semua masjid di kelurahan sukosari, bakti sosial dan puncak acaranya adalah pengajian Akbar Nuzulul Qur’an.

Dalam sambutannya di Pengajian Akbar, Kepala MAN 1 Karanganyar, Sediyoko menyampaikan bahwa dakwah ramadhan adalah agenda rutin dari tahun ketahun.

“Tujuan dakwah ramadhan selain untuk menyalurkan zakat fitrah juga untuk mendidik siswa siswi dalam bermasyarakat atau memupuk jiwa sosial, latihan berdakwah, dan memupuk rasa tanggung jawab siswa dalam penyelenggaraan berbagai event. Hal ini untuk membekali siswa agar ketika lulus nantinya, mereka bisa terjun dimasyarakat dengan berbagai ilmu dan pengalaman yang dimiliki,” ucap Sedyoko

Sementara itu Kepala Desa Jumantono mengutarakan bahwa, masyarakat Jumantono khususnya Desa Sukosari menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi atas kegiatan ini. Beliau juga memohon agar kegiatan positif ini terus berlanjut dan berkesinambungan, sehingga tujuan madrasah bisa berhasil.

“Kami sangat bangga dengan kultum taraweh yang dilakukan oleh siswa MAN 1 Karanganyar, walaupun masih usia dini siswa MAN 1 Karanganyar sudah mampu berdakwah walaupun masih ada sedikit kekurangan, karena kemampuan setiap siswa yang beda-beda,” kata Kades

Setelah acara sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar Drs. H. Sediyoko, M.Pd menyerahkan secara simbolis zakat fitrah kepada perwakilan ta’mir masjid yang diwakili oleh Takmir Masjid Baitur Rahim, Dasroni dan saksikan oleh Umar Said salah Ta’mir masjid Baitur Rahim dan Nur Husaini yang merupakan Guru sekaligus pembina Asrama MAN 1 Karanganyar. Selain zakat fitrah juga diserahkan zakat Mal dari guru MAN 1 Karanganyar untuk Masjid Baitur Rahim sebesar Rp. 2.000.000 dan untuk Karangtaruna sebesar Rp. 500,000,-

Selesai penyerahan zakat fitrah secara simbolis dilanjutkan Iftitah oleh siswa MAN 1 Karanganyar dan tausiah oleh mubaligh terkenal di wilayah Karesidenan Surakarta yakni Bapak KH. Hartono AI. Ustadz sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Al Amiin Palur Sukoharjo. Dan dimeriahkan oleh penampilan hadroh Al Falah MAN 1 Karanganyar serta Grup band Greenshol revolution MAN 1 Karanganyar. (tri-hd/Wul)


Dibaca sebanyak 141 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Menyiapkan Generasi Masa Depan Berkarakter Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 12 November 2018

Siswa MIN 1 Banyumas Maju Olimpiade Matematika dan Al Qur'an Tk Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 18 Oktober 2018

Kemenag Wonosobo Donasikan 38 Juta untuk Korban Palu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 18 Oktober 2018

Informasi Penting


Pengumuman CPNS Kementerian Agama Tahun 2018 Administrator - 27 September 2018


Info Pemulangan Haji (06-09-2018) 02.00 WIB Administrator - 29 Agustus 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial