Berita

Halaman Berita

Masjid dan Mushola Kecamatan Argomulyo Menjadi Media Penyampai Informasi Covid-19

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga - 29 Juni 2020

* Rapat lintas sektoral membahas siaran informasi kesehatan lewat masjid.

Salatiga - Dalam rangka memperluas informasi Covid-19, Puskesmas Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, kota Salatiga bekerja sama dengan lintas sektoral menyelenggarakan siaran informasi kesehatan melalui masjid dan mushola. Kegiatan yang melibatkan kecamatan, kelurahan, babinsa, KUA (dalam hal ini penyuluh agama Islam fungsional), ketua RW, dan takmir masjid itu telah berlangsung sejak Senin, 15 Juni 2020 dan akan berakhir Jum’at, 3 Juli 2020.

Kepala puskesmas Tegalrejo, dokter Kusdini Dewiyanti menjelaskan, siaran informasi kesehatan melalui masjid dan mushola ini ditempuh dalam upaya menyiapkan masyarakat menyambut tatanan kehidupan baru (new normal) yang akan segera diberlakukan pemerintah.

“Kita tahu virus Corona ini tidak akan musnah. Oleh karena itu, masyarakat harus kita persiapkan dengan sebaik mungkin untuk menjalani hidup dengan tatanan baru agar tetap sehat dan produktif. Selama ini pemerintah kota Salatiga melalui Dinas Kominfo sudah memberikan informasi menggunakan mobil keliling. Kami, Puskesmas Tegalrejo dan lintas sektoral memperkuat informasi tersebut melalui masjid dan mushola. Semoga dengan upaya ini masyarakat semakin paham arti new normal. New normal bukan berarti kita sudah bebas beraktivitas, kumpul-kumpul tanpa menghiraukan protokol kesehatan. Masyarakat tetap harus waspada, berhati-hati, menerapkan protokol kesehatan, dan jika tidak penting sekali lebih baik di rumah,” tegas Kusdini.

Siaran informasi kesehatan lintas sektoral ini diselenggarakan setiap hari kerja mulai pukul 09.00-11.00 WIB. Dalam sehari petugas mendatangi dua masjid atau mushola untuk menyampaikan informasi melalui speaker masjid/mushola. Selama rentang waktu penyampaian informasi sejak 15 Juni hingga 3 Juli 2020 mendatang, petugas telah mendatangi 29 masjid/mushola dan 1 panti sosial Salib Putih. Selain menyampaikan informasi secara langsung petugas juga menyerahkan informasi Covid-19 dalam bentuk leaflet kepada takmir masjid/mushola untuk diteruskan kepada jemaah.(Mudjibah Utami/Sua)


Dibaca sebanyak 105 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Penutupan Pelatihan Publikasi Ilmiah di MTs Negeri 2 Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial