Berita

Halaman Berita

Membangun Sinergitas MIN 4 Sukoharjo Antisipasi Covid-19 Melalui Penyemprotan Disinfektan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 24 Maret 2020

* Muspika Kecamatan Baki, Puskesmas Baki, Kelurahan Baki Pandeyan bersinergi dengan MIN 4 Sukoharjo dan takmir Masjid Jami Kota Kecamatan Baki dalam Giat Penyemprotan disinfektan, Jum’at (20/03/20).

Sukoharjo - Berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19) terus dilakukan oleh Pemerintah, baik itu sosial distancing,penyemprotan disinfectan dan juga gerakan cuci tangan pake sabun. Masih dalam rangka menyambut seruan dari Pemerintah tersebut Kecamatan Baki melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Setelah Giat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui sosialisasi gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), kali ini Kecamatan Baki melakukan Giat penyemprotan disinfektan di sekitar Masjid Jami Kota Kecamatan Baki.

Muspika Kecamatan Baki, Puskesmas Baki, Kelurahan Baki Pandeyan bersinergi dengan MIN 4 Sukoharjo dan takmir Masjid Jami Kota Kecamatan Baki dalam Giat Penyemprotan disinfektan, Jum’at (20/03/20). Satu unit mobil penuh muatan cairan disinfecktan telah disiagakan dalam kegiatan ini. Kegiatan penyemprotan desinfektan tersebut diawali dari serambi masjid serta bagian dalam masjid Jami Kota Kecamatan Baki dilanjutkan di setiap ruang MIN 4 Sukoharjo yakni sekitar halaman sekolah, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas dan tak luput juga ruang UKS dan lainnya.

Kegiatan diawali dengan apel serta pemaparan oleh Camat Baki Roni Wicaksono. Pada kesempatan tersebut Roni menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk  meminimalisir penyebaran Covid-19.

Lebih lanut ia mengatakan giat tersebut juga dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari perintah pimpinan daerah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dikarenakan Masjid serta Madrasah/Sekolah adalah lokasi yang banyak dikunjungi massa, setiap orang tidak tau apakah membawa virus Covid-19 atau tidak. “ ini adalah salah satu bentuk upaya kami untuk menjaga lingkungan agar tetap aman dari covid-19 “ ujarnya.

Roni Wicaksono juga menghimbau agar giat penyemprotan ini mampu dilakukan secara menyeluruh dan tujuan dari giat penyemprotan ini mampu tercapai dengan optimal. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan stiker dan poster dari Camat Baki kepada takmir masjid Jami dan kepala Desa Baki Pandeyan.

Hadir pula, Kapolsek Baki, Danramil 08/ Baki Kapten Arh Tavip Joko Sukoco, Lurah Baki Suyamta, Ajun Komisaris Polisi/ AKP) Kapolsek Baki, Dani Herlambang juga nampak turut serta melakukan penyemprotan langsung di area Masjid Jami Kota Baki tersebut.

Disampaikan pula oleh Kepala Puskesmas Baki dr. Puji Hastuti, bahwa penyemprotan disinfektan ditempat umum seperti Masjid dan Madrasah di harapkan dapat menekan laju pertumbuhan sebaran virus Corona. Disamping menerapkan PHBS dan CTPS yang sudah disosialisasikan dan digerakkan melalui pamflet sebanyak 502 lembar ke semua desa di Kecamatan Baki.

Pada kegiatan penyemprotan disinfektan di sekitar Masjid dan Madrasah, Kepala Madrasah beserta guru dan karyawan turut berpartisipasi langsung  menyemprotkan disinfektan di setiap ruangan Madrasah. Kepala MIN 4 Sukoharjo, Karseno Handoyo mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kecamatan Baki dalam menekan penyebaran virus Covid-19 melalui penyemprotan disinfektan tersebut. Ia meyakinkan pihaknya akan terus berupaya dan melaksanakan program pemerintah untuk mengoptimalkan pencegahan berkembangnya Covid-19 khusunya di lingkungan Madrasah, yakni dengan menyediakan prasarana yang memadai dalam rangka program PHBS melalui CTPS. Selain dua hal diatas MIN 4 Sukoharjo juga tengah melaksanakan program pemerintah yaitu Social Distancing atau menjaga jarak saat besosialisasi. Dimana Social Distancing menjadi cara yang penting selain cuci tangan dengan sabun untuk mencegah Covid-19 berkembang dan juga melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring atau melelui media sosial. “ Kami harap semoga pencegahan tersebut bisa semakin optimal. Sehingga semuanya akan segera membaik serta kegiatan Madrasah akan mampu berjalan kembali normal seperti sedia kala.” Ucap Karseno Handoyo di ujung sambutannya. (ZA/FR/djp)


Dibaca sebanyak 148 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Terapkan New Normal, Kemenag Pati Berlakukan Sistem Kerja WFO untuk Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Sambut New Normal, Kemenag Pati Gelar Apel Perdana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial