Berita

Halaman Berita

Mendorong Dunia Kewirausahaan, UPZ Kankemenag Salurkan Zakat Produktif

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 September 2019

* Pentasyarufan Zakat Usaha Produktif kepada 30 Pelaku usaha di Banjarnegara (06/09)

Banjarnegara – Pelaku usaha yang terdiri dan pedagang yang berada di sekitar Banjarnegara  dan sudah dilakukan verifikasi dan validasi terkait kelayakan menerima zakat Jumat siang (6/09) di undang diAula Kankemenag Kabupaten Banjarnegara untuk proses pentasyarufan zakat usaha produktif.

Kegiatan yang bertujuan membantu para pelaku dunia usaha dan kewirausahaan dihadiri Ketua Baznas Kabupaten Banjarnegara, Plh Kakankemenag, Ketua UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, panitia pentasyarufan dan para calon penerima zakat usaha produktif yang berjumlah 30 orang dimana masing-masing mendapatkan sejumlah 3 juta rupiah.

Dalam laporan kegiatan Ketua UPZ Kankemenang Kabupaten Banjarnegara Zahid Khasani berharap zakat usaha produktif sejumlah 3 juta untuk bisa diterima dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, “Semoga usaha para penerima semakin maju, berkembang dan ke depan  jumlahnya juga bertambah,” katanya.

Plh. Kakankemenag mengucapkan selamat dan apresiasi kepada tim verval yang sudah melaksanakan tugasnya dan bisa mentasyarufkan amanah zakat dari ASN Kankemenag Kabupaten Banjarnegara. “Diharapkan pengembangan usaha disesuaikan dengan bakat, minat dan sesuai bidang usahanya. Usaha yang ditangani dengan tekan dan telaten, Insya Allah akan diberikan keberhasilan dan kesuksesan,” ucapnya.

Sutejo Slamet Utomo dalam sambutan singkatnya menyampaikan kepada para calon penerim untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas dipilihnya mereka sebagai penerima zakat usaha produktif. “Zakat yang diberikan merupakan hasil pemungutan zakat dari seluruh ASN di Kementerian Agama kabupaten Banjarnegara yang sudah dizakati dari semua sumber pendapatan baik untuk gaji, tunjangan, sertifikasi juga pendapatan-pendapatan lainnya,” jelasnya.

Adapun verval yang dilakukan merupakan sebuah kewajiban amanah agar zakat yang diberikan tepat sasaran. “Diharapkan zakat usaha produktif yang diterima betul-betul di belanjakan untuk usaha, seperti menambah peralatan usaha, menambah bahan produksi dan mendorong jiwa kewirausahaan,” harapnya.

Dalam usaha juga perlu disertai dengan doa agar berkah. Gunakan prinsip jawa yakni ‘Gemi nesiti sing ati-ati,’ yang berarti amanah, dan berhati-hati. “Semoga usahanya bertambah lancar, berkah dan nantinya bisa menjadi pemberi zakat kemudian dan bisa membantu pemerintah Banjarnegara dalam mewujudkan Banjarnegara yang sejahtera dan bermartaba, “ pungkasnya.

Sebelum diberikan zakat, para calon penerima zakat produktif diberikan bekal manajemen bisnis yang disampaikan oleh Plh. Kakankemenag Kabupaten Banjarnegara, H. Sumarna. (Nangim/rf)


Dibaca sebanyak 52 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial