Berita

Halaman Berita

Menggembirakan, Bupati Tilik Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 06 September 2019

* Bupati Purbalingga, Tiwi bersama rombongan melakukan kunjungan khusus ke MTsN 1 Purbalingga dalam rangkaian Harlah Madrasah, Peringatan Tahun Baru Islam dan Peletakan Batu Pertama pembangunan gedung pendidikan madrasah.

Purbalingga – Pertama kali dalam sejarah MTs Negeri 1 Purbalingga semenjak berdiri mendapat kunjungan khusus dari pejabat pemerintahan tertinggi di Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Kepala Madrasah, Mundirin dalam sambutannya pada acara Bupati Tilik Madrasah yang berlangsung Kamis (5/9). Kehadiran Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) bersama rombongan tersebut dalam rangka Peringatan Hari Lahir Madrasah ke-51, Tahun Baru Islam sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung pendidikan di MTs Negeri 1 Purbalingga. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Pendidikan, anggota DPRD, Forkompinda, Forkompimcam, Kepala Desa Se-Kecamatan Karanganyar, dan segenap wali siswa.

Mundirin menjelaskan, kehadiran Bupati Purbalingga yang ditunggu-tunggu tersebut merupakan suplemen penyemangat seluruh Sivitas Akademika Madrasah Negeri tertua di Kabupaten Purbalingga tersebut.

“Kehadiran Bupati dalam rangka tilik (visitasi – Red.) madrasah kita ini merupakan barang langka, jarang terjadi, dan merupakan yang pertama kali di madrasah kami. Semoga dapat menjadi cambuk penyemangat bagi kami dalam mengelola pendidikan dan melayani masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan di antara pentingnya peringatan pergantian tahun Hijriyah bagi para siswa adalah agar mereka mengetahui

 kalender Islam bukan hanya kalender Masehi saja. Selain itu sebagai generasi penerus yang akan mengisi masa-masa di tahun emas Indonesia nanti para siswa harus memahami pentingnya sejarah.

Kepada para guru dan pegawai MTsN 1 Purbalingga Mundirin berpesan untuk selalu memposisikan diri sebagai tuan rumah yang baik dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

“Kita ini tuan rumah, dan para tamu yaitu siswa datang ke sini dengan tujuan menuntut ilmu. Tuan rumah harus dapat melayani tamu dengan baik dan maksimal. Layani para siswa sebaik-baiknya, jangan pilah-pilih membekali mereka dengan ilmu pengetahuan sehingga bisa menjadi anak yang cerdas, terampil dan berbudi luhur,” ungkapnya.

Mundirin juga meminta kepada 1000-an peserta yang hadir untuk mendoakan Bupati Tiwi agar senantiasa diberi kemudahan dalam memimpin pemerintahan mewujudkan masyarakat Purbalingga yang mandiri, berdaya saing dan berakhlakul karimah.

Serap Aspirasi Madrasah

Bupati Purbalingga, Tiwi dalam sambutannya mengapresiasi sinergitas Madrasah beserta Kementerian Agama yang telah memiliki kontribusi besar dalam pembangunan masyarakat di Purbalingga khususnya di bidang pendidikan.

Selain itu ia juga menyerap sejumlah aspirasi yang disampaikan Kepala MTsN 1 Purbalingga terkait kondisi tebing yang rawan longsor di sekitar madrasah dan juga kekurangan ruang belajar mengajar.

Diketahui, kondisi rawan longsor karena madrasah berada di tepian sungai dengan aliran airnya yang berkelak kelok. Sedangkan kekurangan ruang dikarenakan makin banyaknya siswa yang menempuh pendidikan di madrasah tersebut. MTsN 1 Purbalingga yang berada di desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar tersebut saat ini memiliki 899 siswa.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Tiwi langsung menugaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga untuk melakukan survey ke lokasi tersebut untuk penanganan selanjutnya. Terkait kekurangan ruang belajar mengajar, pihak Pemkab Purbalingga akan segera membantu penyediaan material untuk pembangunan gedung pendidikan. Ia meminta, pihak madrasah segera saja mengajukan permohonan bantuan dan dirinya berjanji dalam waktu dua minggu setelah permohonan terkirim akan segera menyuplai kebutuhan material yang dibutuhkan.

“Walaupun madrasah ini menjadi kewenangan Kementerian Agama, namun Pemkab Purbalingga tak bisa tinggal diam. Sinergitas terjalin baik selama ini dan terbukti madrasah telah ikut serta berkontribusi terhadap pembangunan di Purbalingga khususnya bidang pendidikan untuk melahirkan generasi bangsa yang mampu berdaya saing dan berakhlak mulia,” ungkapnya.

Selain beramah tamah dengan wali siswa, Tiwi juga berinteraksi langsung dengan para siswa. Di antaranya Frizki Rifai, Nur Halimah, Naila Rahma, dan sejumlah siswa lainnya. Mereka mendapat hadiah setelah berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan. Termasuk menyebutkan nama guru favorit mereka dan mengungkapkan harapannya untuk madrasah mereka ke depan.

Bersama Kepala Madrasah, Mundirin dan anggota DPRD, In’am Bupati Tiwi juga berkenan menyampaikan sejumlah santunan kepada anak yatim dan penghargaan kepada guru/pegawai di madrasah tersebut. Sejumlah penghargaan diberikan kepada siswa, guru dan pegawai berprestasi. Yaitu siswa Juara Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten, guru hadir lebih awal, guru tepat waktu masuk kelas dan juga rewards kepada pegawai tergiat. (abas-sar/bd)


Dibaca sebanyak 85 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial