Berita

Halaman Berita

Menumbuhkan Semangat Literasi Santri Menulis

Oleh Subbag Inmas 04 - 17 April 2021

* KaKanwil Musta'in Ahmad memberikan arahan di Balai Kota Semarang, Sabtu (17/04)

Semarang - Usai Pembukaan Gerakan Santri Menulis dilanjutkan Dialog Interaktif dengan dihadirkan  tiga  narasumber dari Kanwil Kemenag Prov Jateng H.Musta'in Ahmad, Ketua MUI Prov Jateng KH. Ahmad Darodji, Kasubdit Binpolmas Polda H. Toha dipandu  Moderator Agus Fathudin  Sabtu, (17/04) di Auditorium Loka Krida Lantai 8 Gedung Moh Ichsan, Balai Kota Semarang.

Sejumlah 50 peserta  yang hadir, sangat antusias mengikuti paparan dari para Narasumber.

Dihadapan para santri, Kepala Kantor Wilayah Prov Jateng Musta'in Ahmad mengawali arahannya mengucapkan syukur dan terimakasih kepada suara merdeka dan pak  walikota atas fasilitas yang diberikan, sehingga  terselenggara kegiatan ini.

" Hadirin kita bersyukur dihari yang baik ini kita difasilitasi oleh suara merdeka dan pak wali kota semarang untuk dapat melakukan kegiatan yang insya Allah penuh keberkahan," kata Musta'in.

Kegiatan tulis-menulis sudah ada sejak dahulu,  minimnya kemampuan menulis para santri dinilai masih menjadi tantangan pesantren -pesantren di Indonesia sekarang.Karena itu, pesantren disarankan dapat melahirkan santri yang memiliki kemampuan literasi menulis.

Musta'in meminta kalangan santri bersiap - siap mengimplementasikan  UU no 18 tahun 2019 tentang pesantren. Pasalnya, aturan yang telah diundangkan september 2019 lalu telah lolos uji publik.

Tak hanya itu, uji publik Peraturan Presiden (Perpres) tentang hal tersebut juga mencanpai penghujung. Sehingga, dapat dilaksanakan secara efektif.

" Undang -undang ini memberikan afirmasi,rekognisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat," ungkapnya.

Dalam hal yang sama Ahmad Darodji    nmengajak kepada para santri,  yang hadir untuk mampu aktif   menulis seperti yang dicontohkan Imam Syafii beserta Imam Buchori.

"Diharapkan para santri selesai mengikuti kegiatan ini, bisa menerapkan ilmunya tentang menulis sehingga kelak selain menguasai ilmu agama juga cakap menuangkan ide dan gagasan dalam bahasa tulisan," ujarnya.


Dibaca sebanyak 58 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Kakankemenag Kota Salatiga Pimpin Apel Pasca Idul Fitri 1442 H/2021 M Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga - 17 Mei 2021

Disiplin ASN, Untuk Kemajuan Kementerian Agama Kantor Kementerian Agama Kota Magelang - 17 Mei 2021

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial