Berita

Halaman Berita

Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

* Pelantikan Pengurus DPD AGPAII Kabupaten Purbalingga (atas). Kepala Kankemenag, Karsono (bawah-kiri) dan Ketua Terpilih, Priyanto (bawah-kanan) menandatangani berita acara.

Purbalingga – Sebanyak 650 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dari berbagai jenjang pendidikan di kabupaten Purbalingga memadati Pendopo Dipokusumo, Kamis (17/10). Kehadiran para guru tersebut dalam rangka menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kabupaten Purbalingga. Acara pelantikan tersebut dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan tema: Peran Guru PAI dalam Menghadirkan Moderasi Islam di Era Disrupsi.

Kasi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Sugeng Riyadi menjelaskan, AGPAII merupakan organisasi profesi guru seperti halnya PGRI, berbadan hukum dan mendapat pengakuan pemerintah.

“Organisasi ini berfungsi sebagai wadah bagi para guru PAI, baik guru PAI di madrasah maupun Guru PAI di sekolah,” jelasnya.

Sugeng menjelaskan, sejumlah 40 orang pengurus DPD AGPAII Kabupaten Purbalingga  yang baru dilantik langsung oleh Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Akhsan. Sedangkan pada kegiatan Seminar Naional yang digelar di tempat yang sama, bertindak selaku Keynote speaker Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Sedangkan narasumber seminar terdiri dari 3 orang.

Pertama - Ketua DWP AGPAII Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Akhsan. Kedua - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IX, Dwi Yuliati Mulyaningsih. Ketiga - Rektor IAIN Purwokerto, Mohamad Roqib,” jelas Sugeng.

Dalam sambutannya, Muhammad Akhsan menjelaskan bahwa AGPAII ingin menjadi wadah aspirasi, tempat edukasi sekaligus wahana yang menginspirasi.

“Guru PAI di seluruh Indonesia berjumlah 180.000 orang dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 juta. Jumlah guru PAI yang tidak banyak ini jika diwadahi dalam satu organisasi maka visi, misi dan arahnya akan sama untuk membangun spiritualitas religius siswa dalam kerangka empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945. Maka 40 juta siswa Indonesia akan siap menjadi generasi yang menyongsong Indonesia Emas 2040. Mereka akan punya mindset yang sama, benar dan lurus untuk NKRI. Dan bentengnya adalah di Guru PAI,” tandasnya.

Akhsan mempertegas, jika ada aspirasi para guru PAI agar disampaikan melalui Ketua terpilih, Priyanto yang selanjutnya akan diteruskan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama dan Kepala Dinas Pendidikan.

“Bahkan jika sampai provinsi, kami siap mengawal. Intinya, Guru PAI bekerja dengan nyaman dan aspirasi tersampaikan dengan baik dan memperoleh penyelesaian yang cepat,”katanya.

Perlindungan GPAI

Ia menambahkan, sebagai fungsi advokasi menjadi guru PAI yang membina karakter tidak bisa dikatakan dalam kondisi aman. AGPAII melakukan pendampingan kepada para Guru PAI agar dapat menunaikan tugasnya dengan aman tanpa rasa takut terseret kasus pidana.

“Seperti yang baru-baru ini terjadi guru PAI SD dipolisikan oleh pihak wali murid hanya gara-gara salah pengertian. Di sinilah fungsi AGPAII melakukan advokasi dan pendampingan,” jelasnya.

Sedangkan fungsi inspirasi, Akhsan melanjutkan di era informasi yang tanpa batas ini guru PAI dapat menciptakan media berbasis jaringan, media pembelajaran digital, modul digital, penilaian digital, RPP digital  dan sebagainya yang dapat di-share kepada guru-guru PAI diseluruh Indonesia. ( sri_sar/     )


Dibaca sebanyak 57 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Kab. Pemalang Adakan Seleksi Calon Peserta Asesmen Promosi Kamad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Tiga Prinsip Kerja Plt. Kepala Kankemenag Kab. Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Wamenag Hadiri Tahlil & Doa 100 Hari Wafatnya Mbah Moen Subbag Inmas 08 - 15 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial