Berita

Halaman Berita

Momen Bulan Muharam Berbagi Dengan Anak Yatim

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 10 September 2019

* Kepala MTs Mahbub Iskandar memberikan santunan kepada siswa

Purwokerto -  Kegiatan sosial ini merupakan bentuk nyata pengabdian guru kepada siwa terutama kepada anak yatim,19 anak yatim/piatu siswa di sekolah MTs MaNU Sokaraja mendapatkan santunan. Dalam kegiatan ini diharapkan siswa dan guru bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari perintah Rasul agar mendapat syafaatnya dan berdampak pada madrasah. Kepada guru dan siswa juga dianjurkan untuk puasa tasu'a dan 'asyura minimal 'asyura, Selasa (10/9).

Dalam sambutannya Kepala Madrasah Mahbub Iskandar menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan guru lebih mendekatkan lagi kepada anak yatim, sehingga, mereka merasa mendapatkan perhatian lebih, terutama mendorong dalam pendidikan formal. Kami punya beban moral dan merasa terpanggil dengan keadaan mereka. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap 10 muharrom adapun bantuan bersumber dari madrasah dan guru berupa seperangkat alat tulis dan amplop berisi uang.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan sosial kepada siswa anak yatim ini dan ini merupakan bentuk nyata membantu membahagiakan anak yatim yang ada di sekolah dan selain itu diharapkan siswa juga mendapatkan wawasan mengenai arti dari momen ini,” kata Mahbub.

Ketua KKM  Sholahudin  mengaku gembira bisa ikut terlibat dalam kegiatan santuan anak yatim ini, dimana ini merupakan bentuk nyata pengabdian kita semua terutama kepada anak yatim. Anak-anak sangat senang dan saya bisa melihat mereka tersenyum, mohon program ini dilanjutkan dan jangan dihilangkan

“Ritual atau amalan orang Islam pada 10 muharram antara lain, Berdoa pada malam 10 muharram, puasa 'asyura, banyak bersedekah dan menyantuni anak yatim,” jelasnya

Selesai pemberian santunan beberapa siswa yatim menangis diikuti tangisan dari siswa lain yang menyaksikan dan beberapa guru karena merasa terharu, maka terjadilah ajang tangisan. (mdr/rf)


Dibaca sebanyak 36 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial