Berita

Halaman Berita

Momentum Idul Fitri Harus Menguatkan Solidaritas Kebangsaan dan Kepedulian Sesama

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 12 Juni 2019

* Ribuan umat Muslim Kabupaten Wonogiri mengikuti sholat Idul Fitri di halaman Masjid Agung.

Wonogiri - Momentum Idul Fitri 1440 H/2019 M harus menguatkan solidaritas kebangsaan dan kepedulian antar sesama umat. Konsep silaturahim, kasih sayang dan ta’awun (saling tolong menolong) merupakan bukti bahwa ajaran Islam sangat menekankan pentingnya integrasi sosial, berbuat baik dan saling menyayangi menjadi tolok ukur keimanan seseorang.

Pemahaman agama harus diajarkan dengan benar sesuai pemahaman ulama terdahulu berupa Ajaran Islam Rahmatan Lil’alamin, yang tercermin dalam sikap tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), tasamuh (toleran), dan i’tidal (tegak lurus). Sehingga kehadiran Islam terwujud sebagaimana tujuan asalnya yaitu menebarkan kedamaian bagi umat manusia bukan menimbulkan ketakutan dan kerusakan.

Hal tersebut di tegaskan H. Subadi, Ketua takmir masjid Agung Kab. Wonogiri (purna tugas Ka. Kankemenag Wonogiri) ketika tampil menjadi khotib pada shalat Idul Fitri 1440 H/2019 M, tingkat Kabupaten Wonogiri, Rabu (05/06) di Halaman Masjid At Taqwa Kota Wonogiri. Berlaku sebagai Imam, Ketua MUI Wonogiri serta di hadiri ribuan umat muslim Kota Gaplek.

Di era sekarang, menurut Subadi, umat Islam mendapatkan berbagai tantangan peradaban. Al-Qur’an, sebagai pedoman umat Islam merupakan ajaran yang relevan di segala zaman (shohih li kulli zaman wa makan) sehingga perubahan zaman semestinya tidak membuat kita kehilangan identitas. 

“Sebaliknya, perubahan zaman yang diiringi kemajuan teknologi merupakan kesempatan bagi kita untuk berkembang, berinovasi dan bergiat menuntut ilmu tanpa meninggalkan nilai-nilai agama. Akan tetapi, sangat disayangkan perkembangan zaman membuat sebagian dari kita justru jauh dari nilai-nilai agama dan sebagian lainnya jatuh kepada pemahaman yang keliru,” jelas Subadi.

Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mencegah diri, keluarga dan lebih khusus lagi anak-anak kita dari sikap dan pemahaman negatif tersebut. Anak-anak harus dibekali dengan pengetahuan agama yang seimbang dan moderat. Selain itu, anak muda idealnya disibukan dengan kegiatan yang positif, giat belajar dan mencintai ilmu.(Mursyid-Heri/Sua)


Dibaca sebanyak 56 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


ASN Kemenag Wonosobo Harus Menjadi Alat Negara Mewarnai Kehidupan Beragama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 17 September 2019

Dandim 0726 Sukoharjo Ingin Siswa MIN 2 Sukoharjo Mencintai Negaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 17 September 2019

Siswa MIN 2 Kendal Ukir Prestasi di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup 2 di Jakarta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 17 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial