Berita

Halaman Berita

MTQ Kabupaten Jepara Tahun 2019 diikuti 368 Peserta

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara - 09 Oktober 2019

* Pembukaan MTQ Kabupaten Jepara Tahun 2019 diikuti 368 Peserta, Terdapat Dua Kesuksesan (09/10)

Jepara - Musabaqah Tilawatil Quran yang disingkat (MTQ) adalah sebuah festival pemuliaan kitab suci Al-Quran bagi umat Islam yang diselenggerakan setiap tahun mulai dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional hingga ke tingkat Internasional. Pada Rabu 9 Oktober 2019 Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten Jepara Pelajar XXXIV dan Umum XXVIII resmi digelar yang dipusatkan di komplek Pendopo Kabupaten Jepara diikuti 368 peserta dari 16 kecamatan se Kabupaten Jepara.

Hadir dalam acara tersebut, Plt. Bupati, Kepala Kemenag Kabupaten Jepara, Asisten Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bagian Kesra Setda Jepara, Pengurus LPTQ, Dewan Hakim, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid mengungkapkan MTQ kali ini terbagi dalam 11 majlis. Cabang Tahfidz 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz Pa-Pi,  Cabang Tilawah dan Tartil MTs/SMP Pa-Pi, Cabang Tilawah dan Tartil MA/SMU/SMK Pa-Pi, Cabang Tilawah dan Tartil SD/MI Pa-Pi, Cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah Pa-Pi Umum dan Pelajar, Cabang Tilawah Dewasa Pa-Pi, Remaja Pa-Pi, ANAK Pa-Pi, Cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Pa-Pi Umum dan Pelajar, Cabang Fahmil Qur'an Cabang Syarhil Qur'an, Cabang Tafsir Bahasa Arab Pa-Pi dan Cabang Khath Al Qur'an

"MTQ ini sebagai wahana yang ideal untuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah serta memperkokoh persatuan dan hubungan antar Pelajar dan masyarakat Umum, juga dapat menumbuhkan rasa solidaritas sesama muslim," pesan Rosyid.

MTQ dapat bermanfaat bagi diri sendiri, menjadi daya tarik bagi masyarakat sebagai review untuk mempelajari dan mendalami Al Qur'an, sekaligus sebagai bentuk syiar Islam yang penuh kedamaian dan keindahan

Ada dua kesuksesan yang harus kita raih dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Jepara tahun 2019 nanti yaitu pertama sukses pelaksanaan dan sukses kedua yang harus diraih adalah sukses hasil.

"Terdapat Dua Kesuksesan MTQ, satu dalam pelaksanaannya, dewan hakim dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik, penuh integritas, memberikan penilaian seobyektif mungkin. Kedua, MTQ tidak sekedar kegiatan rutinitas namun juga memiliki fungsi yang strategis untuk memasyarakatkan Al Qur'an sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (sn/gt)


Dibaca sebanyak 68 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial