Berita

Halaman Berita

MTQ Pelajar Kesempatan Menggali Potensi Siswa

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Magelang - 09 Oktober 2019

* Pelaksanaan MTQ tingkatkan syiar Islam pada anak usia dini.

Magelang - Untuk mewujudkan kader kader yang siap dan cakap mewakili laga di jenjang berikutnya yaitu Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi maupun Nasional, Pemerintah Kota Magelang dan Kementerian Agama Kota Magelang bersinergi mewujudkan  pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kota Magelang, tanggal 8 dan 9 Oktober 2019, dengan tahapan MTQ Pelajar 8 Oktober 2019 dan MTQ Umum 9 Oktober 2019.

Ada Perbedaan pelaksanaan di tahun ini, acara pembukaan biasanya dilaksanakan di perkantoran Walikota akan tetapi kali ini dilaksanakan di perkampungan Masjid Jami’ Darussalam Jl. Sunan Bonang Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, dengan maksud agar Alquran lebih dekat dengan masyarakat. Adapun peserta adalah para juara tingkat kecamatan hasil penjaringan di tingkat kecamatan. Acara dihadiri Sekertariat Daerah Kota Magelang, KakanKemenag, Para Kasi, Kepala KUA, Kabag Kesra,  Forpimda, Camat, Lurah, lembaga/instansi terkait, PCNU, PDM, official guru pendamping serta peserta lomba.

Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an juara 1 Kecamatan oleh ananda Fadhlin Fatkhia Kamila. Dilaksanakan pula Pengukuhan Dewan Hakim dan Panitera Lomba sebanyak 33 orang oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kota Magelang.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiono mengharapkan, MTQ Pelajar maupun Umum dijadikan  sebagai media silaturrahmi, dan mendapatkan kader-kader yang nantinya mampu menjadi duta dan wakil Kota Magelang dalam event tingkat provinsi maupun jenjang sesudahnya. Beliau juga menyampaikan acara ini di gelar di perkampungan agar MTQ lebih dekat dengan masyarakat, akan Nampak syiar Islam yang mengharapkan Kota Magelang lebih religius, dan untuk mengantisipasi masalah yang sering terjadi di masyarakat akibat adanya pengaruh teknologi.

"Sebagai solusinya diberi pembekalan pendidikan moral, akhlakul karimah, yang didukung oleh semua pihak baik guru di sekolah/madrasah, pengajar/ ustadz di pondok pesantren juga dukungan birokrasi, itulah penjabaran MTQ secara umum," jelas Joko Budiono.

Setelah pembukaan para Dewan  Hakim/Panitera serta  peserta menepatkan diri di majlis masing masing,yakni Majlis Tilawah Pi, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan Masjlis Tilawah Pa, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Majlis Tartil Pa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan Majlis Tartil Pi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan Majlis Tahfidz Pa/Pi untuk Pelajar di susul hari berikutnya khusus untuk MTQ umum dengan majlis Tilawah dan Tahfidz baik Pa/Pi.

Adapun Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bertujuan untuk menggali potensi pelajar. Penting bagi pelajar dikenalkan pendidikan agama sejak dini sebagai karakter dalam diri siswa. (Afi/gt)


Dibaca sebanyak 69 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial