Berita

Halaman Berita

Muharram Sebagai Bulan Lebaran Siswa Yatim Dan Piatu

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 10 September 2019

* Pemberian Santuanan bagi Anak Yatim dan Piatu dan penghargaan MTsN 2 Banjarnegara (09/09)

Banjarnegara - Upacara bendera pada hari Senin (9/09) di MTsN 2 Banjarnegara  berbeda karena dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharrom 1441 H. Dalam amanat Pembina upacara Dwi Widiyastuti menyampaikan bahwa kita dapat mengambil pelajaran yang berharga dari peristiwa hijrah nabi Muhammad SAW untuk diterapkan oleh para siswa.

“Diantaranya siswa harus bisa hijrah dari sifat males menjadi rajin belajar, hijrah dari  tidak taat beribadah menjadi taat beribadah serta kita sebagai madrasah Adiwiyata juga harus hijrah  untuk mencintai lingkungan dan melestarikan”, ucapnya.

Pada upacara kali juga dibagikan santunan siswa yatim dan piatu dengan jumlah 44 siswa. H Ridlo Pramono selaku kepala Madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai kepedulian MTs Negeri 2 Banjarnegara terhadap siswa-siswa yatim piatu kami yang sudah ditinggal oleh ayah atau ibunya yang sudah meninggal dunia.

Rasulullah pernah bersabda : Dan barang siapa yang membelaikan tangannya pada rambut (kepala) anak yatim di hari 'Asyura, maka Allah Ta’ala mengangkat derajat orang tersebut untuk satu helai rambut satu derajat. Dan barang  siapa memberikan (makan dan minum) untuk berbuka bagi orang mukmin pada malam 'Asyura, maka orang tersebut seperti memberikan makanan kepada seluruh umat Muhammad SAW dalam keadaan kenyang semuanya.” dengan menyantuni, menyayangi, peduli dan memberikan sesuatu yang kita miliki kepada anak-anak (golongan) yang paling disayangi dan dimuliakan Nabi Muhammad SAW. “Bisa di katakan bahwa bulan muharram merupakan bulan lebaran yatim dan piatu, tidak terkecuali bagi mereka yang menjadi siswa di MTsN 2 Banjarnegara, “ katanya saat berikan santunan.

Pada upacara kali juga diberikan penghargaan kepada kelas dan wali kelas yang telah membina menjadi ‘kelas yang terbersih, terindang dan tertib’. Juga diberikan  penghargaan kepada siswa  kelas VII ikut lomba PBB dalam latihan Upacara

Pada hari juga dipaperkan hasil kresiasi dan inovasi dalam menghiasi tong sampah yang dilaksanakan siswa kelas IX yang bertemakan Madrasah Adiwiaya dan mencintai lingkungan. (Wngd/Mnh/rf)


Dibaca sebanyak 71 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial