Berita

Halaman Berita

OCD MTs N 3 Pemalang dalam Rangka Hari Anak Sedunia

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 07 November 2019

* MTs N 3 Pemalang adakan Outdoor Classroom Day (OCDay) dalam rangka Hari Anak Sedunia (fh - 7/11/2019)

Pemalang - Atas himbauan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), maka MTs N 3 Pemalang mengadakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD) atau hari belajar di luar kelas yang dilaksanakan pada hari Kamis (7/11/2019) di lapangan Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional. 

Kegiatan hari pembelajaran di luar kelas diawali dengan jalan santai menembus perkebunan teh PTP Semugih yang berada dekat dengan lokasi madrasah.  Selama perjalanan di perkebunan teh siswa ditanamkan cinta lingkungan, mengamati perubahan iklim, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal lain yang membahayakan selama perjalanan.

Sesampainya di lapangan Desa Cikendung, siswa disambut oleh Kepala MTs N 3 Pemalang, Komarudin. Di lapangan ini siswa mengikuti berbagai aktivitas pembelajaran.

“Kegiatan OCD ini dapat menjadi proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, selain itu juga bisa meningkatkan kemandirian serta kreativitas siswa-siswi MTs N 3 Pemalang," ujar Komarudin.

Dia menambahkan, pembelajaran di luar kelas lebih besar menitikberatkan pada pembentukan mental dari pada intelegensi semata. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikannya di luar sekolah.

Didampingi pembina OSIS dan para guru, siswa bersama-sama melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh Kemen PPPA seperti cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan bersama yang telah dipersiapkan orang tua, berdoa setelah makan, cuci tangan setelah makan. Ini dilakukan untuk menanamkan jiwa religius pada siswa.

Setelah sarapan, dilakukan tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak. Maksud diadakannya kegiatan ini untuk mewujudkan sekolah ramah anak dengan tujuan pembelajaran yang nyata dan berguna untuk meningkatkan kreativitas dan tumbuh kembang anak.

Kegiatan ini juga diramaikan dengan berbagai permainan dan senam germas olahraga serta yang tak kalah penting adalah penanaman budi pekerti dan ahlak yang baik dalam pergaulan di sekolah dan di luar sekolah. 

Dalam kegiatan ini juga didendangkan lagu-lagu perjuangan seperti Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, dan Dari Sabang Sampai Merauke. Hal ini untuk menumbuhkan budaya dan cinta tanah air dalam upaya penguatan pendidikan karakter. (fh/fi/rf)


Dibaca sebanyak 49 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kali ke-3 Kafilah Kab. Pati Pertahankan Juara Umum MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 20 November 2019

KKM 1 MI Kota Semarang Raih Juara I Tenis Meja HAB Kemenag Tingkat Kota Semarang Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 November 2019

KKRA Dituntut Bisa Membawa RA Lebih Baik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

Informasi Penting


Penetapan Peserta Terbaik MTQ Pelajar XXXIV 2019 Administrator - 20 November 2019

Rekrutmen Penyuluh Agama Buddha Non PNS 2020 Administrator - 20 November 2019

Materi Rakor PBJ Hotel Grasia Semarang Administrator - 18 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial