Berita

Halaman Berita

Pahami TUSI dan Regulasi Jadi Kunci Sukses Jabatan Pengawas Pendidikan Agama.

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 11 Juni 2019

* Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi, melantik pengawas pendidikan agama Islam di Lingkungan Kankemenag Kab. Wonogiri.

Wonogiri – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Subadi, mengambil sumpah jabatan dan melantik Jabatan Fungsional Pengawas di lingkungan Kankemenag Wonogiri, Kamis siang (30/05), di Aula Kankemenag Wonogiri. Hadir dalam acara tersebut pejabat struktural di lingkungan Kankemenag Wonogiri, Kepala Madrasah Negeri dan Kepala KUA.

Ka. Kankemenag Wonogiri dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tugas dari pengawas pendidikan agama sangat berat, yang sebelumnya mengurusi peserta didiik sekarang harus mengurusi para guru dengan berbagai karakter dan latar belakang. Untuk itu dalam kelakarnya sebelum terlanjur, kalau merasa tidak mampu bisa mengundurkan diri.

Di era globalisasi ini, menurut Subadi, eksistensi dan peran Pengawas Pendidikan Agama sangat vital dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan. Ada beberapa faktor penunjang untuk terwujudnya proses pembelajaran yang baik dan tercapainya tujuan pendidikan, seperti guru, murid, sarana dan prasarana serta fasilitas yang tersedia.

"Untuk itu kepada yang di lantik, segera pahami tusinya secara detail, sehingga tidak tumpang tindih dalam melaksanakan tugas dan jabatan yang baru. Selain itu, juga harus memahami payung hukumnya/ regulasi atau aturan-aturan yang ada, sehingga tidak takut salah dan bekerja dengan mantap. Jangan pernah berhenti mempelajari dan memahami aturan, karena aturan itu selalu berkembang dan selalu diperbaharui sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman," ucap Subadi.

Menurut H. Subadi, seorang pengawas harus mempuyai menajerial yang baik dan handal, bisa dan mampu bekerjasama dengan guru dan kepala sekolah maupun madrasah, profesional serta berdedikasi tinggi, dan bisa marah artinya mampu menegur bawahannya dengan cara yang baik.

“Para pengawas hendaknya bisa menjadi partner dan menjalin komunikasi yang baik dengan guru untuk melakukan pembinaan dan evaluasi dalam peningkatan pendidikan yang lebih baik lagi,” pesannya.

Terakhir H. Subadi berpesan, dalam menunaikan tugas dan fungsinya aparat Kementerian Agama termasuk yang di dalamnya para pengawas pendidikan agama dan guru harus menerapkan prinsip 5 nilai budaya kerja, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan.

Adapun pengawas yang di lantik antara lain : Ismadi (Pengawas Sekolah Madya PAI Tingkat SMA), Hj. Tutik Rinjani (Pengawas Sekolah Madya PAI Tingkat SMP), Nur Khasanah Pengawas Sekolah Madya PAI Tingkat SD), Suparno (Pengawas Sekolah Madya PAI Tingkat SD), Sugiyo (Pengawas Sekolah Madya PAI Tingkat SMA), Ardani (Pengawas Sekolah Madya PAI Tingkat SD).(Mursyid-Heri/Sua)


Dibaca sebanyak 40 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


ASN Kemenag Wonosobo Harus Menjadi Alat Negara Mewarnai Kehidupan Beragama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 17 September 2019

Dandim 0726 Sukoharjo Ingin Siswa MIN 2 Sukoharjo Mencintai Negaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 17 September 2019

Siswa MIN 2 Kendal Ukir Prestasi di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup 2 di Jakarta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 17 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial